Selamat Datang di Kios Madinah dan Selamat Membaca Varian Postingannya

:: Macam-Macam Penyakit Hati


Sobat-Sobat Kios Madinah yang baik hati, kali ini admin kembali share sebuah postingan dengan kategori ” Renungan ” dengan judul:

MACAM-MACAM PENYAKIT HATI

Sebagai renungan, marilah kita mengetahui macam-macam penyakit hati, mendiagnosanya, lalu berupaya sebisa mungkin untuk mengobatinya. Okey. sebagai tahapan awal, kita ketahui macam-macamnya sebagaimana yang berikut ini:

1.Iri

Rasulullah saw., bersabda: “ Iri itu memakan (pahala) kebaikan sebagaimana api memakan kayu bakar."

Dari Abu Hurairah ra., bahwa Rasulullah saw., bersabda: "Jauhilah sifat hasad, karena hasad itu memakan (pahala) kebaikan sebagaimana api memakan kayu bakar." ( HR. Abu Dawud )

2.Takabbur

Rasulullah saw., bersabda: “Barang siapa membesar-besarkan dirinya, maka Allah akan merendahkannya. Dan barang siapa merendahkan dirinya, maka Allah akan meninggikannya.”

Dari Ibnu Umar ra., bahwa Rasulullah saw., bersabda: "Barangsiapa menganggap besar dirinya dan bersikap sombong dalam berjalan, ia akan menemui Allah dalam keadaan amat marah kepadanya." ( HR. Hakim )

3.Dengki 

Rasulullah saw., bersabda: “ Orang mukmin itu bukanlah pendengki.”

Dari Abu Hurairah ra.,  dia berkata : Rasulullah saw., bersabda: Janganlah kalian saling dengki, saling menipu, saling marah dan saling memutuskan hubungan. Dan janganlah kalian menjual sesuatu yang telah dijual kepada orang lain. Jadilah kalian hamba-hamba Allah yang bersaudara. Seorang muslim adalah saudara bagi muslim yang lainnya, (dia) tidak menzaliminya dan mengabaikannya, tidak mendustakannya dan tidak menghinanya. Taqwa itu disini (seraya menunjuk dadanya sebanyak tiga kali). Cukuplah seorang muslim dikatakan buruk jika dia menghina saudaranya yang muslim . Setiap muslim atas muslim yang lain; haram darahnya, hartanya dan kehormatannya. “ (Riwayat Muslim)

Dari Anas bahwa Nabi saw., bersabda: "Demi Tuhan yang jiwaku berada di tangan-Nya, tidaklah seorang hamba (dikatakan) beriman sehingga ia mencintai tetangganya sebagaimana ia mencintai dirinya sendiri." ( HR. Bukhari dan Muslim )

4.Ghibah

Dari Abu Hurairah ra., bahwa Rasulullah saw., bersabda: "Tahukah kalian, apa itu ghibah." Mereka menjawab: Allah dan Rasul-Nya lebih mengetahui. Beliau bersabda: "Yaitu, engkau menceritakan saudaramu apa yang tidak ia suka." Ada yang bertanya: “Bagaimana jika apa yang aku katakan benar-benar terjadi pada saudaraku?”. Beliau menjawab: "Jika padanya memang sesuai dengan apa yang engkau katakan, maka engkau telah mengumpatnya dan jika tidak, maka engkau telah membuat kebohongan atasnya." ( HR. Muslim )

Dari Abu Hurairah ra., bahwa Rasulullah saw., bersabda: "Jauhkanlah dirimu dari prasangka buruk, sebab prasangka buruk adalah ucapan yang paling bohong." ( HR. Bukhari dan Muslim )

5.Memuji diri

Allah SWT., berfirman: “(Yaitu) orang-orang yang menjauhi dosa-dosa besar dan perbuatan keji yang selain dari kesalahan-kesalahan kecil. Sesungguhnya Tuhanmu maha luas ampunanNya. Dan Dia lebih mengetahui (tentang keadaan)mu ketika Dia menjadikan kamu dari tanah dan ketika kamu masih janin dalam perut ibumu; maka janganlah kamu menganggap dirimu suci. Dialah yang paling mengetahui tentang orang yang bertakwa. ( An-Najm, 32 )

6.Mengorek kejelekan orang lain

Allah SWT., berfirman : “Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan buruk-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari buruk sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.” ( Al Hujuraat, 12 )

7.Senang melihat orang susah, sedih melihat orang senang

Dari Abu Hurairah ra., dari Rasulullah saw., bersabda: Siapa yang menyelesaikan kesulitan seorang mu’min dari berbagai kesulitan-kesulitan dunia, niscaya Allah akan memudahkan kesulitan-kesulitannya hari kiamat. Dan siapa yang memudahkan orang yang sedang kesulitan niscaya akan Allah mudahkan baginya di dunia dan akhirat dan siapa yang menutupi (aib) seorang muslim Allah akan tutupkan aibnya di dunia dan akhirat. Allah selalu menolong hambanya selama hambanya menolong saudaranya. Siapa yang menempuh jalan untuk mendapatkan ilmu, akan Allah mudahkan baginya jalan ke syurga. Sebuah kaum yang berkumpul di salah satu rumah Allah membaca kitab-kitab Allah dan mempelajarinya diantara mereka, niscaya akan diturunkan kepada mereka ketenangan dan dilimpahkan kepada mereka rahmat, dan mereka dikelilingi malaikat serta Allah sebut-sebut mereka kepada makhluk disisi-Nya. Dan siapa yang lambat amalnya, hal itu tidak akan dipercepat oleh nasabnya.” ( HR. Bukhari – Muslim )

8.Munafi

Rasulullah saw., bersabda: “ Apabila seseorang mengetahui sebuah ilmu dan meninggalkan pengamalannya, senang memperindah bahasa lisan, saling mendongkol di hati dan saling memutuskan tali silaturrahim, maka Allah melaknat mereka karena itu dengan menulikan dan membutakan pandangan mereka.”

Dari Abu Hurairah r.a: Rasulullah saw bersabda, "Tanda orang munafik ada tiga: Apabila berbicara ia dusta, apabila ia berjanji ia mengingkari, dan apabila dipercaya ia berkhianat." ( HR. Bukhari )

9.Mendustakan kebenaran

Allah SWT. Berfirman: “Maka siapakah yang lebih zalim daripada orang yang membuat-buat dusta terhadap Allah dan mendustakan kebenaran ketika datang kepadanya? Bukankah di neraka Jahannam tersedia tempat tinggal bagi orang-orang yang kafir?” ( Az Zumar, 32 )

10.Riya’

Dari Mahmud Ibnu Labid ra., bahwa Rasulullah saw., bersabda: "Sesungguhnya hal yang paling aku takuti menimpamu ialah syirik kecil: yaitu riya." ( HR. Ahmad )

Demikian postingan ini dengan judul Macam-Macam Penyakit Hati pada Label Renungan, yang dikutip dari Ihyaa’ Uluumudiin Hal 76-81, Qur’an terjemah dan Bulughul Maraam Bab Jaami’, semoga bermanfa’at untuk admin khususnya, dan Sobat-Sobat KM umumnya. Okey, Thank you dan sampai ketemu di lain waktu dengan postingan yang terbaru. Insya Allah. See you next time. Bye Bye

Baca Juga:

> 6 Obat Hati

SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: