Selamat Datang di Kios Madinah dan Selamat Membaca Varian Postingannya

>> Cara Membuat Akun Email di Gmail

Sobat-sobat Kios Madinah yang baik, pada kesempatan kali ini, admin kembali share sebuah postingan dengan label “ Berbagi Cara ” Sub Kategori: "Cara Daftar" dengan judul:

CARA MEMBUAT AKUN EMAIL DI GMAIL



Email atau surat elektronik adalah gaya berkirim surat masa kini dimana segala sesuatunya perlu cara instan. Keberadaannya sangat diperlukan karena dapat membantu tercapainya keinginan kita menyampaikan sesuatu kepada orang lain dengan mudah dan cepat. Kita bisa mengirimkan surat berformat teks, lampiran file gambar, foto, audio, maupun video kepada sanak saudara, keluarga, rekan bisnis, perusahaan ataupun instansi yang memerlukan jika kita sudah mendaftarkan akun di Gmail.. 

Email juga dapat dimanfaatkan untuk berinteraksi di media sosial secara online karena pada umumnya mereka meminta alamat email terlebih dahulu pada waktu pendaftaran dan atau sebelum kita masuk ke akun media sosial tersebut. Maka boleh dibilang bahwa keberadaan email ini bukan hanya diperlukan tetapi juga dipentingkan. Maka sangat disayangkan jika kita belum mendaftar akun Gmail ini.

Namun demikian, kemudahan fasilitas ini masih perlu ditunjang dengan adanya sarana berupa computer atau laptop atau blackberry atau smartphone atau gadget lainnya. Kemudian ketersediaan jaringan internet di tempat kita maupun di tempat tujuan juga menjadi syarat mutlak supaya email dapat tersampaikan dengan baik sesuai harapan kita. Berikutnya yaitu adanya akun terdaftsr dari si pengirim serta penerima karena email hanya akan disampaikan oleh server apabila ada alamat tujuan.


Setelah sarana lengkap, barulah kita bisa memanfaatkan email sebagaimana harapan di atas kemudian melanjutkan dengan cara mendaftarkan akun kita di server (Gmail).

Oke, apabila Sobat-Sobat KM tertarik untuk membuat / mendaftar akun email di Gmail (Menggunakan Laptop atau Computer), silahkan simak caranya sebagaimana berikut:

1. Buka alamat situs gmail di: http://mail.google.com

2. Pilih tab “ Create an Account “ ( Buat Akun )

3. Isi Formulir Pendaftaran dengan data akurat, meliputi:

-Nama depan (pada kolom kiri) nama belakang (pada kolom kanan)

-Alamat email sesuai keinginan (akan ada laporan ketersedian sekaligus anjuran, karena tidak boleh ada alamat email sama pada satu server)

-Password atau kata sandi sesuai keinginan juga (minimal terdiri dari 8 karakter huruf atau angka atau perpaduan keduanya. Kemudian ulang (ketikkan lagi) pada kotak konfirmasi password di bawahnya)

-Tahun, bulan, tanggal kelahiran

-Jenis Kelamin

-Nomor HP (Hand Phone) aktif (untuk menerima kode verifikasi akun, dan untuk mengamankan akun nantinya)

-Alamat email alternative (kalau ada). Jika tidak ada, biarkan kosong

-Kode kata Chapta (untuk membuktikan bahwa kita bukan robot/mesin otomatis)

-Lokasi Negara

-Persetujuan pada Syarat Layanan serta Kebijakan Privasi Google (dengan memberi tanda centang atau memberi tanda)

4. Pilih Next / Langkah berikutnya

5. Verifikasi akun email (jika diminta)

6. Ketikkan kode verifikasi (kode ini dikirim melalui SMS pada nomor HP sebagaimana pada waktu pendaftaran)

7. Akan ada Penawaran Edit Profil Akun (jika ingin menambahkan foto dll. Jika tidak, maka langsung klik Next / Langkah berikutnya)

8. Akan ada penyambutan Selamat Datang / Welcome serta Tombol Link “Lanjutkan ke Gmail”

9. Pilih “Lanjutkan ke Gmail” ( untuk masuk ke akun email baru kita )

10. Selesai

Untuk selanjutnya, kita dapat masuk, mengontrol, serta memanfaatkan akun email kita menggunakan laptop atau computer atau smartphone dengan cara mengakses situs Gmail di alamat: http://mail.google.com. Sementara alamat email beserta password kita masukkan hanya sewaktu-waktu diminta saja. Alamat email beserta password adalah alamat dan pasword sewaktu mendaftar kecuali Sobat sudah menggantinya dgn yg baru.

Itulah sharing dari admin dengan judul: Cara Membuat Akun Email di Gmail di bawah Kategori: Berbagi Cara, Sub Kategori: "Cara Daftar" untuk Sobat-Sobat Kios Madinah semuanya. Oke, semoga dapat membantu. Terima kasih, sampai ketemu di lain waktu. Insya Allah.

Kemudian untuk membaca postingan dengan judul "Memanfaatkan Fasilitas Gmail dan Caranya", silahkan klik di sini

Dapatkan juga Ebook " Pernak-Pernik Email " DISINI 


SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: