Selamat Datang di Kios Madinah dan Selamat Membaca Varian Postingannya

# Kompilasi Keutamaan Bacaan Dzikir

Sobat-Sobat Kios Madinah yang baik hati, kali ini admin berbagi postingan dengan kategori ”Hikmah” dengan judul: 

KOMPILASI KEUTAMAAN BACAAN-BACAAN DZIKIR

Postingan ini sebagai kelanjutan dari postingan sebelumnya yang berjudul: “Fadhilah Dzikir”. Dan tentunya postingan ini masih dalam label yang sama yaitu label Hikmah dan mengacu pada ayat qur’ani yang artinya: “Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya.” ( Al-Ahzaab, 41 ). 

Dari Abu Hurairah Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Barangsiapa membaca
ﺴُﺒٛﺤَﺎﻦَﺍﻠﻠﻪِﻮَﺑِﺤَﻤٛﺩِﻩِ
( SUBHAANALLAAH yang artinya = Maha suci Allah dan aku memuji-Nya) seratus kali, dihapuslah segala dosanya walaupun laksana buih air laut." (HR. Muttafaq Alaihi)

Juwairiyyah Binti al-Harits Radliyallaahu 'anhu berkata: Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda kepadaku: "Aku telah membaca kalimat, mengiringi ucapanmu, jika ia ditimbang (pahalanya) dengan apa yang engkau baca hari ini akan sama beratnya, yaitu:
ﺴُﺒٛﺤَﺎﻦَﺍﻠﻠﻪِﻮَﺑِﺤَﻤٛﺩِﻩِﻋَﺪَﺪَﺧَﻟْﻘِﻪﻭَﺭِﺿَﺎﻨَﻔْﺴِﻪﻭََﺯِﻧَﺔَﻋَﺭْﺸِﻪِﻭَﻤِﺪَﺍﺪَﻜَﻟِﻤَﺎﺗِﻪِ
( SUBHAANALLAAH WABIHAMDIH, ‘ADADA KHOLQIH, WA RIDHOO NAFSIH, WA ZINATA ‘ARSYIH, WA MIDAADA KALIMAATIH yang artinya = Maha suci Allah dan aku memuji-Nya, sebanyak ciptaan-Nya, sejauh ridlo-Nya, seberat timbangan arsy-Nya, dan sebanyak tinta untuk menulis kalimat-Nya)." ( HR. Muslim. )

Dari Abu Said al-Khudry Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Bacaan yang kekal dan baik ialah:
ﻻﺇﻠﻪﺍﻻﺍﻠﻠﻪ ﺴُﺒٛﺤَﺎﻦَﺍﻠﻠّﻪِﺍﻠﻠّﻪُﺍَﻜْﺒََﺮْﺍَﻠْﺤَﻤْﺪﻠِﻠﻪﻻَﺤَﻮْﻞَﻮﻻَﻗﻮََّﺓََﺇﻻَّﺑِﺎﻠﻠّﻪِ
( LAA ILAAHA ILLALLAAH, SUBHAANALLAAH, ALLAAHU AKBAR, ALHAMDULILLAAH, LAA HAWLA WALAA QUWWATA ILLAA BILLAAH  yang artinya = Tidak ada Tuhan selain Allah, Mahasuci Allah, Allah Maha besar, segala puji milik Allah, tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan kehendak Allah)." (HR. Nasa'i. Hadits ini shahih menurut Ibnu Hibban dan Hakim.)

Dari Samurah Ibnu Jundab Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah saw bersabda: "Ucapan yang paling disukai Allah itu empat, engkau boleh memulainya dengan kalimat mana saja, yaitu:
ﺴُﺒٛﺤَﺎﻦَﺍﻠﻠّﻪﺍَﻠْﺤَﻤْﺪﻠِﻠﻪ ﻻﺇﻠﻪﺍﻻﺍﻠﻠﻪﺍﻠﻠّﻪُﺍَﻜْﺒََﺮ
( SUBHAANALLAAH, ALHAMDULILLAAH, LAA ILAAHA ILLAALLAAH, ALLAAHU AKBAR yang artinya = Maha suci Allah, segala puji milik Allah, tidak ada Tuhan selain Allah, dan Allah Maha besar)." ( HR.  Muslim.)

Abu Musa al-Asy'ari berkata: Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda kepadaku: "Wahai Abdullah Ibnu Qais, maukah aku tunjukkan kepadamu satu simpanan dari beberapa simpanan surga? Yaitu;
ﻻَﺤَﻮْﻞَﻮﻻَﻗﻮََّﺓََﺇﻻَّﺑِﺎﻠﻠّﻪ
( LAA HAWLA WALAA QUWWATA ILLAA BILLAAH yang artinya = Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan kehendak Allah)". ( HR. Muttafaq Alaihi. )

Demikian postingan kali ini, semoga kita dapat mengambil hikmahnya dan semoga bermanfa’at. Oke, sampai jumpa lagi di waktu yang lain. See you next moment.

SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: