Selamat Datang di Kios Madinah dan Selamat Membaca Varian Postingannya

7 Keutamaan Shalat Berjamaah


Sobat-Sobat Kios Madinah yang baik hati, kali ini admin pengen berbagi postingan dengan kategori ”Hikmah” dengan judul:

7 KEUTAMAAN SHALAT BERJAMA’AH


Sebelum admin share tentang keutamaan atau hikmah shalat berjama’ah, ada baiknya kalau kita lirik dulu sebagian dari firman Allah dan sabda Nabi yang mengarah kepada anjuran untuk shalat berjama’ah, diantanya sbb:

Ø Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku'lah beserta orang-orang yang ruku'. (Al-Baqoroh, 43).

Ø Hai Maryam, taatlah kepada Tuhanmu, sujud dan ruku'lah bersama orang-orang yang ruku'. (Ali-Imron, 43).

Ø Dari Abu Hurairah r.a: Ada seorang laki-laki buta menghadap Rasulullah saw. dan berkata: “Ya Rasulullah, sungguh aku ini tidak mempunyai seorang penuntun yang menuntunku ke masjid.” Maka beliau memberi keringanan padanya. Ketika ia berpaling pulang, beliau memanggilnya dan bertanya: "Apakah engkau mendengar adzan untuk sholat?" Ia menjawab: “Ya.” Beliau bersabda: "Kalau begitu, datanglah." (HR. Muslim).

Berikutnya, marilah kita menyimak dalil qur'ani atau hadits nabawi yang membicarakan tentang hikmah dan keutamaan shalat berjamaah yang admin nukil dari berbagai literatur baik hadits maupun Al-Qur'an.

Mengenai hikmah dan keutamaan dari sholat berjama'ah yang dimaksudkan tentu tidak hanya ada 7, akan tetapi admin tuliskan 7 sahaja karena keterbatasan waktu dan sikon.

Oke, 7 hikmah & keutamaan dari shalat berjamaah adalah sebagaimana berikut ini: 

1. Untuk mencari karunia dan keridhoan Allah SWT. 

…… Kamu lihat mereka ruku' dan sujud mencari karunia Allah dan keridhaan-Nya, tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud …… (Al-Fath, 29). 

2. Untuk lebih dicintai oleh Allah SWT. 

Dari Ubay Ibnu Ka'ab Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Sholat seorang bersama seorang lebih baik daripada sholat sendirian, sholat seorang bersama dua orang lebih baik daripada sholatnya bersama seorang, dan jika lebih banyak lebih disukai oleh Allah 'Azza wa Jalla." (HR. Abu Dawud dan Nasa'i. Hadits ini shahih menurut Ibnu Hibban). 

3. Untuk menyatukan barisan ummat Islam. 

Dari An-Nu'man bin Basyir ra. berkata: "Saya mendengar Rasulullah saw. bersabda: "Kamu sekalian harus meluruskan shaf-mu atau biarkanlah Allah menyelisihkan antara kamu sekalian." (HR. Bukhari & Muslim). 

4. Untuk mendapatkan nilai sunnah. 

Dari Yazid Ibnu al-Aswad bahwa dia pernah sholat Shubuh bersama Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam Ketika Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam telah usai sholat beliau bertemu dengan dua orang laki-laki yang tidak ikut sholat. Beliau memanggil kedua orang itu, lalu keduanya dihadapkan dengan tubuh gemetaran. Beliau bertanya pada mereka: "Apa yang menghalangimu sehingga tidak ikut sholat bersama kami?" Mereka menjawab: Kami telah sholat di rumah kami. Beliau bersabda: "Jangan berbuat demikian, bila kamu berdua telah sholat di rumahmu kemudian kamu melihat imam belum sholat, maka sholatlah kamu berdua bersamanya karena hal itu menjadi sunnah bagimu." (HR. Imam Tiga dan Ahmad dengan lafadz menurut riwayat Ahmad. Ini hadits shahih menuru Ibnu Hibban dan Tirmidzi). 

5. Untuk mendapatkan derajat pahala yang berlipat ganda. 

Dari Abdullah Ibnu Umar Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Sholat berjama'ah itu lebih utama dua puluh tujuh derajat daripada sholat sendirian." (HR. Muttafaq Alaihi). 

6. Untuk mendapatkan pahala yang lebih besar. 

Dari Abu Musa ra., ia berkata; Rasulullah saw.. bersabda: "Sesungguhnya orang yang lebih besar pahalanya di dalam shalat yaitu orang yang lebih jauh jarak perjalanannya ke tempat shalat, kemudian yang lebih jauh lagi. Dan orang yang menunggu shalat untuk berjama'ah bersama imam itu lebih besar pahalanya daripada orang yang shalat sendirian lalu tidur.” (HR. Bukhari & Muslim). 

7. Untuk mendapatkan hikmah dan keutamaan yang masih dirahasiakan. 

Dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda: "Sholat yang paling berat bagi orang-orang munafik ialah sholat Isya' dan Shubuh. Seandainya mereka tahu apa ( rahasia) yang ada pada kedua sholat itu, mereka akan mendatanginya walaupun dengan merangkak." (Muttafaq Alaihi). 

Demikian postingan berjudul Keutamaan Shalat Berjamaah ini, semoga hikmah & keutamaannya dapat kita peroleh, dan bermanfa’at utk memotivasi keistiqomahan kita menjalaninya. Oke, trimakasih, sampai jumpa lagi di waktu yang lain. Insy Allah... 

SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

Kios Madinah said...

buat yg mau koment.... silakan klik "post a comment"