Selamat Datang di Kios Madinah dan Selamat Membaca Varian Postingannya

6 Obat Hati

Sobat-Sobat Kios Madinah yang baik hati, kali ini admin kembali share sebuah postingan kategori ” Renungan ” diberi judul:

6 OBAT HATI

Menindaklanjuti postingan sebelumnya yang berjudul Macam-Macam Penyakit Hati, di sini admin akan share 6 hal yang ditengarai dapat mengobati penyakit hati. Namun sebelum kita simak semuanya atau mungkin sebagai renungan awal, ada baiknya kalau sejenak kita menoleh ke belakang untuk melihat 2 hal mengenai hati:

Pertama: Hati adalah penentu sikap tubuh
Dari Abu Abdillah Nu’man bin Basyir ra., dia berkata, Saya mendengar Rasulullah saw., bersabda, "Sesungguhnya yang halal itu jelas dan yang haram itu jelas. Di antara keduanya terdapat perkara-perkara syubhat (samar-samar) atau tidak diketahui oleh orang banyak. Maka barang siapa takut terhadap syubhat berarti dia telah menyelamatkan agamanya serta kehormatannya. Dan barang siapa terjerumus ke dalam perkara syubhat, maka akan terjerumus ke dalam perkara yang diharamkan. Sebagaimana pengembala yang menggembalakan hewan gembalaannya di sekitar (ladang) yang dilarang untuk memasukinya, maka lambat laun dia akan memasukinya. Ketahuilah bahwa setiap raja memiliki larangan, dan larangan Allah adalah apa yang Dia haramkan. Ketahuilah bahwa dalam diri ini terdapat segumpal daging, jika dia baik maka baiklah seluruh tubuh ini dan jika dia buruk, maka buruklah seluruh tubuh; ketahuilah bahwa dia adalah hati.“ (HR. Bukhari-Muslim)

Kedua: Hati adalah pendeteksi kebaikan dan kejelekan
Dari Wabishah bin Ma’bad ra., dia berkata: Saya mendatangi Rasulullah saw., lalu beliau bersabda: Engkau datang untuk menanyakan kebaikan? Saya menjwab: Ya. Beliau bersabda: Mintalah pendapat dari hatimu, kebaikan adalah apa yang jiwa dan hati tenang karenanya, dan dosa adalah apa yang terasa mengganggu jiwa serta menimbulkan keragu-raguan di dalam dada, meskipun orang-orang memberi fatwa kepadamu dan mereka membenarkannya. (HR. Ahmad & Ad-Darimi).

Oleh karena pentingnya peranan hati, tentu penting pula penjagaannya agar senantiasa terhindar dari penyakit-penyakit hati. Oke, sebagai renungan bagaimana mencegah atau menghindari macam-macam penyakit hati, inilah dia 6 obatnya:

1. Mengkaji Al Qur’an
Maksudnya adalah membacanya dengan penuh tawadhu’ serta menjaga adab-adab membacanya sambil merenungkan maknanya sehingga akan terpancar sinar kemuliaannya di dalam dada sehingga nantinya akan melenyapkan penyakit-penyakit batin yang bersarang di hati.

2. Menjalankan Puasa
Maksud berpuasa di sini bukan sekedar menahan haus dan lapar melainkan menahan seluruh anggota badan supaya tidak berbuat larangan Allah. Apabila puasa seperti ini dijalankan dengan tulus ikhlas maka lapar akan meringankan badan untuk melakukan ibadah bahkan semakin senang melakukan perintah-perintah Allah. Sedangkan ibadah apabila dikerjakan dengan kelapangan dada akan menyebabkan datangnya ketenangan jiwa. Sementara ketenangan jiwa adalah merupakan media terapi penyakit jasmani maupun rohani. Maka ibadah puasa akan menyembuhkan berbagai macam penyakit, termasuk penyakit hati.

3. Shalat Malam
Maksudnya adalah melakukan shalat sunnah di malam hari lebih-lebih setelah tidur malam. Untuk melakukannya (khususnya di awal-awal) memanglah sangat berat karena harus melawan tipu daya setan. Namun setelah terbiasa maka akan terbuka pintu seseorang dengan Tuhannya dan akan terasa lezatnya bermunajat. Di saat itulah dia akan berada pada kedudukan orang-orang sholeh yang selalu dilindungi oleh Allah dan dijaga dari penyakit hati.

4. Dzikir Malam
Maksudnya adalah melakukan dzikir di waktu sahur atau sepertiga terakhir dari waktu malam. Pada waktu ini ibadah lebih bermakna karena jiwa sedang tenang. Memperbanyak dzikir dan do’a pada waktu ini akan lebih mudah untuk dikabulkan karena Allah Tabaaroka Wata’aala senantiasa turun ke langit dunia seraya berfirman bahwa orang yang berdo’a akan diijabah, orang yang memohon akan dikabulkan, dan orang yang minta ampunan akan diampuni. Alhasil, semoga Allah melenyapkan semua penyakit hati.

5. Bergaul dengan orang sholeh
Maksudnya adalah menjadikan orang-orang sholeh sebagai teman terdekat. Karena tidak dapat dipungikiri bahwa teman dapat mewariskan pengaruh yang kuat dalam perilaku, perkataan dan kesukaan. Perilaku teman baik akan berdampak pada kebaikan-kebaikan dan perilaku teman jahat akan berdampak pada kenistaan / kesengsaraan. Maka bergaul dengan orang-orang sholeh sebagai teman dekat sangat dimungkinkan dapat memotivasi diri untuk berbuat baik yg akan mendatangkan kebaikan lainnya serta menghindarkan diri dari perilaku jelek yg akan mendatangkan penyakit termasuk diantaranya penyakit hati.

6. Makan halal
Maksudnya adalah makan makanan yang halal dimakan dengan cara yang halal pula. Sebagian ulama mengatakan bahwa ini merupakan suatu hal sangat mendasar karena makanan yang kita makan akan mempengaruhi hati. Maka memperhatikan makanan mempunyai peranan penting dalam rangka menjaga hati dari pengaruh dan penyakit. (Dinukil dari: Kifayatul Atqiyaa’ 49-51)

Tambahan:
Dari ‘Abdullah r.a : Rasulullah saw bersabda, “Tidak dapat masuk neraka seseorang yang terdapat iman di dalam hatinya walaupun hanya seberat biji bayam; dan tidak akan masuk surga seorang yang terdapat di dalam hatinya kesombongan walaupun hanya seberat biji bayam.” (HR. Muslim)

Demikian postingan dengan judul 6 Obat Hati pada Label Renungan ini, semoga bermanfa’at untuk admin khususnya, dan Sobat-Sobat KM umumnya. Untuk membaca postingan dengan kategori sama silahkan klik Label Renungan atau Hikmah atau Tab Daftar Isi. Okey, Thank you and sampai ketemu di lain waktu dengan postingan terbaru. Insya Allah. See you next time. Bye Bye

SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: