Selamat Datang di Kios Madinah dan Selamat Membaca Varian Postingannya

# Keutamaan Berdo'a

Sobat-sobat Kios Madinah yang baik hati, pada kesempatan yang masih dalam suasana lebaran ini admin mau berbagi postingan dengan kategori HIKMAH dengan judul:

KEUTAMAAN BERDO’A

Inilah kiranya di antara keutamaan atau atau hikmah atau fadhilah berdo’a;

1. Untuk mendekatkan diri kepada Allah

Allah SWT. Berfirman:
“Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (Al-Baqoroh; 186)

2. Untuk menghindarkan diri dari sifat sombong

Allah STW. Berfirman:
“Dan Tuhanmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina ". (Al-Ghofir; 60)

3. Untuk mendapat pahala ibadah

Nabi SAW bersabda:
Dari Nu'man Ibnu Basyir Radliyallaahu 'anhu bahwa Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Sesungguhnya doa adalah ibadah." Riwayat Imam Empat. Hadits ini shahih menurut Tirmidzi.

4. Untuk mendapatkan kemuliaan

Menurut riwayatnya dalam hadits marfu' dari Abu Hurairah r.a: "Tidak ada sesuatu pun yang lebih mulia di hadapan Allah selain doa." Hadits shahih menurut Ibnu Hibban dan Hakim.

5. Untuk mendapatkan apa yang kita harapkan

Dari Salman Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Sesungguhnya Tuhanmu Pemalu dan Pemurah, Dia akan malu terhadap hamba-Nya bila ia mengangkat tangannya kepada-Nya, lalu Dia mengembalikannya dengan tangan kosong." (HR. Imam Empat selain Nasa'i)

Tambahan:

Umar Radliyallaahu 'anhu berkata: Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bila mengangkat kedua tangannya waktu berdoa tidak akan mengembalikannya sebelum mengusapkan wajahnya." (HR. Tirmidzi)

Dari Anas Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Di antara adzan dan qomat tidak akan ditolak."  (HR. Nasa'i dan selainnya)

Demikian postingan dengan judul Keutamaan Berdo'a, semoga kita dapat mengambil hikmah yang terdapat di dalmnya dan bermanfa’at untuk kita semuanya. Amin dan sampai ketemu di lain waktu. Insya Allah

SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: