Selamat Datang di Kios Madinah dan Selamat Membaca Varian Postingannya

:: Nama-Nama Bulan dalam Islam


Sobat-sobat Kios Madinah yang baik hati di mana aja berada, kali ini admin kembali meng-update postingan dengan kategori Renungan dengan judul:

NAMA-NAMA BULAN DALAM ISLAM

Berikut ini nama-nama bulan dalam Islam plus ulasan singkat tentang nama lainnya, moment pentingnya dan ritual/tradisi yang biasa dilakukan di dalamnya. Oke. Inilah jumlah bulan dalam kalender Islam ada 12, yaitu:

1. Muharram

Bulan ini juga di kenal dengan bulan Suro. Momen penting yang terjadi pada bulan ini yaitu pada tanggal 1 Muharrom diperingati sebagai tahun baru Islam (Tahun Baru Hijriyah). Momen lain yang juga terjadi pada bulan ini yaitu pada tanggal 10 Muharrom yang disebut hari ‘Asyuro’, yaitu hari puasa sunnah.

2. Shafar

Nama lain dari bulan ini hampir tidak ada, yakni hampir tiap daerah menyebutnya dengan nama yang hampir sama, yakni Safar. Tradisi di sebagian daerah ada yang membuat bubur Safar sebagai sedekah yang mana pahalanya dikhususkan untuk para leluhurnya.

3. Rabi’ul Awal

Bulan ini juga dikenal dengan bulan Maulid. Momen penting yang terjadi pada bulan ini yaitu hari lahirnya Nabi Muhammad SAW tepatnya pada tanggal 12 Robi’ul Awal. Hal ini sering diperingati dengan diadakan Peringatan Maulid Nabi hampir di setiap daerah bahkan organisasi dan pribadi.

4. Robi’ul Akhir/Tsani

Bulan ini juga disebut bulan Ba'da Maulid. Tradisi di masing-masing daerah berbeda-beda, namun leluhur kita biasa melangsungkan acara pernikahan pada bulan ini dan diikuti dengan acara selamatan dan resepsinya.

5. Jumadil Awal

Bulan ini bisa dibilang tidak punya nama lain, yang berarti hampir semua daerah menyebutnya dengan nama yang mirip. Moment dan tradisi yang biasa dilakukan di dalamnya pun hampir tidak ada yang diidentikkan. 

6. Jumadil Akhir
Idem. Bulan ini bisa dibilang tidak punya nama lain, yang berarti hampir semua daerah menyebutnya dengan nama yang mirip. Moment dan tradisi yang biasa dilakukan di dalamnya pun hampir tidak ada yang diidentikkan.

7. Rajab

Momen penting pada bulan ini yaitu terjadinya Isra’-Mi’raj Nabi Muhammad SAW bertepatan dengan tanggal 27 Rojab.

8. Sya’ban

Bulan ini juga dikenal dengan bulan Ruwah. Momen penting pada bulan ini terjadi pada malam tanggal 15 Sya’ban yang dikenal dengan malam Nishfu Sya’ban.

9. Ramadhan

Bulan ini juga disebut bulan puasa. Momen penting pada bulan ini yaitu puasa wajib selama sebulan yang disebut dengan puasa Ramadhan. Momen penting lain yang terjadi pada bulan ini yaitu Malam Nuzulul Qur’an bertepatan dengan malam tanggal 17 Ramadhan dan Malam Lailatul Qadar yang diyakini terjadi pada 10 malam terakhir bulan ini.

10. Syawal

Momen penting yang terjadi pada bulan ini yaitu bertepatan dengan tanggal 1 Syawal yang merupakan hari raya umat Islam yang disebut dengan Idul Fitri.

11. Dzul Qo’dah

Bulan ini juga dikenal dengan bulan kejepit atau Apit dsb. Moment dan tradisi yang biasa dilakukan di dalamnya pun hampir tidak ada yang diidentikkan.

12. Dzul Hijjah

Bulan ini juga dikenal dengan bulan haji atau bulan Besar. Momen penting yang terjadi pada bulan ini yaitu pelaksanaan ibadah haji bagi orang yang sedang melaksanakannya. Momen penting lainnya yaitu pada tanggal 8 Dzul hijjah merupakan hari puasa sunnah yang disebut dengan hari Tarwiyah. Kemudian pada tanggal 9 Dzul Hijjah juga merupakan hari puasa sunnah yang disebut puasa ‘Arofah. Dan pada tanggal 10 Dzul hijjah adalah merupakan hari raya umat Islam yang disebut dengan Idul Adh-ha.

Demikian postingan kali ini dengan judul nama-nama bulan dalam Islam dengan kategori Renungan. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di postingan berikutnya. Insya Allah.


SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: