Selamat Datang di Kios Madinah dan Selamat Membaca Varian Postingannya

# Hikmah Shalat

Sobat-sobat Kios Madinah yang baik hati, kali ini saya akan berbagi postingan dengan judul:

HIKMAH SHALAT

Hikmah dari shalat tentu sangatlah banyak sekali baik yang tersurat maupun tersirat di dalam Alqur’an ataupun di dalam Hadits-hadits Nabi. Namun begitu, pada postingan kali ini admin tuliskan 9 dari hikmah shalat berikut ayat-ayat Al Qur’an tentang hikmah shalat beserta lafazh / teks arabnya dengan harapan dapat lebih mudah dicerna serta dimungkinkan dapat memberi berkah tersendiri kepada kita semuanya dengan izin Allah swt.

Untuk sobat-sobat KM yang berminat, silahkan baca postingan ini atau bahkan copy-paste saja agar dapat dibaca lagi nantinya secara offline. Kemudian apabila ada kata-kata atau kalimat kurang sopan / kurang berkenan apalagi salah, admin mohon tuliskan kritik maupun sarannya di kolom “comments”. Oke, ini dia beberapa hikmah sholat / orang ahli shalat untuk kita renungkan sejenak;

Hikmah #1. Ahli sholat akan senantiasa bermurah hati dan tidak kikir. Sebagaimana kandungan ayat di bawah ini:

إِذَا مَسَّهُ الشَّرُّ جَزُوعًا [٧٠:٢٠]

Apabila ia (manusia) ditimpa kesusahan ia berkeluh kesah,

وَإِذَا مَسَّهُ الْخَيْرُ مَنُوعًا [٧٠:٢١]

dan apabila ia mendapat kebaikan ia amat kikir,

إِلَّا الْمُصَلِّينَ [٧٠:٢٢]

kecuali orang-orang yang mengerjakan shalat, (Al Ma’arij 20-22)

Hikmah #2. Ahli sholat akan terhindar dari siksa neraka, khususnya neraka Saqor. Sebagaimana terkandung dalam ayat ini:

مَا سَلَكَكُمْ فِي سَقَرَ [٧٤:٤٢]

"Apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar (neraka)?"

قَالُوا لَمْ نَكُ مِنَ الْمُصَلِّينَ [٧٤:٤٣]

Mereka menjawab: "Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang (ahli) mengerjakan shalat, (Al Muddatstsir 42-43)

Hikmah #3. Ahli sholat akan ditolong oleh sholat. Maksudnya, sholat dapat menjadi solusi atas setiap masalah di hadapan kita karena dalam sholat ada banyak unsur, terutama unsur kemudahan minta pertolongan kepada Allah melalui bacaan atau do’a dalam sholat, lebih-lebih pada waktu sujud. Sebagaimana terkandung atau tersirat dalam ayat ini:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اسْتَعِينُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَاةِ ۚ إِنَّ اللَّهَ مَعَ الصَّابِرِينَ [٢:١٥٣]

Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang sabar. (Al Baqoroh 153)

Hikmah #4. Ahli sholat akan dengan sendirinya akan enggan untuk berbuat keji dan mungkar. Hal ini bagi orang yang betul-betul mendirikan sholat dengan sempurna wudhu’nya, suci badan, tempat serta pakaiannya, benar syarat-rukun sholatnya, serta selalu mementingkan nilai ikhlas dan khusyu’ di dalam sholatnya. Sebagaimana terkandung dalam ayat ini:

اتْلُ مَا أُوحِيَ إِلَيْكَ مِنَ الْكِتَابِ وَأَقِمِ الصَّلَاةَ ۖ إِنَّ الصَّلَاةَ تَنْهَىٰ عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ ۗ وَلَذِكْرُ اللَّهِ أَكْبَرُ ۗ وَاللَّهُ يَعْلَمُ مَا تَصْنَعُونَ [٢٩:٤٥]

Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Quran) serta dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat lainnya). Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. (Al Ankabuut 45)

Hikmah #5. Ahli sholat pantas menjadi penolong atau dimintai tolong oleh orang lain di sekitarnya. Sebagaimana terkandung dalam ayat ini:

إِنَّمَا وَلِيُّكُمُ اللَّهُ وَرَسُولُهُ وَالَّذِينَ آمَنُوا الَّذِينَ يُقِيمُونَ الصَّلَاةَ وَيُؤْتُونَ الزَّكَاةَ وَهُمْ رَاكِعُونَ [٥:٥٥]

Sesungguhnya penolong kamu hanyalah Allah, Rasul-Nya, dan orang-orang beriman, yang mendirikan shalat dan menunaikan zakat, seraya mereka tunduk (kepada Allah). (Al Maidah 55)

Hikmah #6. Ahli sholat akan mudah mendapatkan hidayah dari Allah. Sebagaimana terkandung dalam ayat ini:
إِنَّمَا يَعْمُرُ مَسَاجِدَ اللَّهِ مَنْ آمَنَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَأَقَامَ الصَّلَاةَ وَآتَى الزَّكَاةَ وَلَمْ يَخْشَ إِلَّا اللَّهَ ۖ فَعَسَىٰ أُولَٰئِكَ أَنْ يَكُونُوا مِنَ الْمُهْتَدِينَ [٩:١٨]

Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang beriman kepada Allah dan Hari kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan masuk kepada golongan orang-orang yang mendapat petunjuk. (At Taubah 18)

Hikmah #7. Ahli sholat akan diampuni dosa-dosanya. Sebagaimana terkandung atau tersirat dalam ayat ini:

وَقَرْنَ فِي بُيُوتِكُنَّ وَلَا تَبَرَّجْنَ تَبَرُّجَ الْجَاهِلِيَّةِ الْأُولَىٰ ۖ وَأَقِمْنَ الصَّلَاةَ وَآتِينَ الزَّكَاةَ وَأَطِعْنَ اللَّهَ وَرَسُولَهُ ۚ إِنَّمَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيُذْهِبَ عَنْكُمُ الرِّجْسَ أَهْلَ الْبَيْتِ وَيُطَهِّرَكُمْ تَطْهِيرًا [٣٣:٣٣]

Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah dahulu dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan taatilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, hai ahlul bait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya. (Al Ahzab 33)

Hikmah #8. Ahli sholat akan disayang dan dirahmati Allah. Sebagaimana kandungan dalam ayat ini:

وَالْمُؤْمِنُونَ وَالْمُؤْمِنَاتُ بَعْضُهُمْ أَوْلِيَاءُ بَعْضٍ ۚ يَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَيُقِيمُونَ الصَّلَاةَ وَيُؤْتُونَ الزَّكَاةَ وَيُطِيعُونَ اللَّهَ وَرَسُولَهُ ۚ أُولَٰئِكَ سَيَرْحَمُهُمُ اللَّهُ ۗ إِنَّ اللَّهَ عَزِيزٌ حَكِيمٌ [٩:٧١]

Dan orang-orang beriman, lelaki ataupun perempuan, sebagian mereka (adalah) menjadi penolong bagi sebahagian yang lain. Mereka menyuruh (mengerjakan) yang ma'ruf, mencegah dari yang munkar, mendirikan shalat, menunaikan zakat dan mereka taat pada Allah dan Rasul-Nya. Mereka itu akan diberi rahmat oleh Allah; sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

Hikmah #9. Ahli sholat akan mendapatkan imbas do’a Nabi Ibrahim yakni murah rezeki. Sebagaimana kandungan dalam ayat ini:

رَبَّنَا إِنِّي أَسْكَنْتُ مِنْ ذُرِّيَّتِي بِوَادٍ غَيْرِ ذِي زَرْعٍ عِنْدَ بَيْتِكَ الْمُحَرَّمِ رَبَّنَا لِيُقِيمُوا الصَّلَاةَ فَاجْعَلْ أَفْئِدَةً مِنَ النَّاسِ تَهْوِي إِلَيْهِمْ وَارْزُقْهُمْ مِنَ الثَّمَرَاتِ لَعَلَّهُمْ يَشْكُرُونَ [١٤:٣٧]

Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebahagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati, ya Tuhan kami (yang demikian itu) agar mereka mendirikan shalat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan beri rezekilah mereka dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur.

Demikian postingan dengan judul: Hikmah Shalat, semoga dapat memberi manfa'at, semoga kita mendapatkan hikmahnya. Amin Yaa Robbal 'Aalamiin. Oke, Terima kasih atas kunjungannya ke blog KM, Sampai jumpa di lain kesempatan. Insya Allah.

SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: