Selamat Datang di Kios Madinah dan Selamat Membaca Varian Postingannya

Macam-Macam Surga dan Penghuninya

Sobat-Sobat Kios Madinah yg baik hati@

Berikut ini adalah macam-macam surga besrta penghuninya, sesuai golongannya. Selamat membaca dan merenungi prakiraan nasib kita kelak di akhirat.

Oke, inilah nama-nama surga beserta para penghuninya:

1. SURGA FIRDAUS,
2. SURGA ’ADN,
3. SURGA NAIM,
4. SURGA MA’WA,
5. SURGA DARUSSALAM,
6. SURGA DARUL MUQAMAH,
7. SURGA AL-MAQAMUL AMIN,
8. SURGA KHULDI.

Ket. Penghuninya:

1). SURGA FIRDAUS:
Surga yg diciptakan dari emas  merah, diperuntukan bagi orang yg terbiasa khusyuk sholatnya, menjauhkan diri dari perbuataan sia-sia, aktif menunaikan zakat, menjaga kemaluaannya, memelihara amanah, menepati janji dən memelihara sholatnya.

2). SURGA ‘ADN:
Surga yg diciptakan dari intan putih, diperuntukkan bagi orang yg bertaqwa kepada Allah SWT (An-Nahl, 30-31), benar-benar beriman serta beramal shaleh (Thaha, 75-76), banyak berbuat baik (Fathir: 32-33), sabar, menginfaqkan hartanya di jalan Allah, juga membalas kejahatan dgn kebaikan (Ar-Ra’ad, 22-23).

3). SURGA NAIM:
Surga yg diciptakan dari perak putih, di peruntukkan bagi orəng-orəng yg benar-benar bertakwa kepada Allah serta beramal shaleh. (Al-Qalam, 34)

4). SURGA MA’WA:
Surga yg diciptakan dari zamrud hijau, di peruntukan bagi orəng-orəng yg bertakwa kepada Allah SWT (An-Najm, 15), beramal shaleh (As Sajdah: 19), serta takut kepada keagungan Allah, juga menahan hawa nafsu (An-Naziat, 40-41)

5). SURGA DARUSSALAM:
Surga yg diciptakan dari yakut merah, di peruntukkan bagi orəng-orəng yg kuat iman dən Islamnya, memperhatikan ayat-ayat Allah serta beramal shaleh.

6). SURGA DARUL MUQOMAH:
Surga yg diciptakan dari permata putih.
Kata Darul Muaqaamah berarti suatu tempat tinggal di mana di dalamnya orang-orang tidak pernah merasa lelah dan tidak merasa lesu. Syurga ini diperuntukkan di peruntukkan bagi orəng-orəng yg senantiada bersyukur kepada Allah. (Faathir, 35)

7). SURGA AL-MAQAMUL AMIN
Surga yg diciptakan dari permata putih.
Kata 'Al-Maqamul Amin' menurut Dr. M. Taqiuddin dən Dr. M. Khan berarti tempat yg dan diperuntukkan bagi orəng-orəng yg bertakwa.
Level ketakwaan akan menentukan posisinya apakah ia sebagai penghuni surga ini atau surga di atasnya.

8) SURGA ALKHULDI:
Surga yg diciptakan dari marjan merah dən kuning, diperuntukkan bagi orəng-orəng yg taat menjalankan perintah Allah dən menjauhi larangan-Nya (muttaqin, orəng-orəng yg bertaqwa).

Demikianlah postingan Renungan kali ini, semoga bermanfaat utk kita semuanya. And semoga kita termasuk ke dalam salah satu dari 8 macam surga di atas. Syukur2 di Surga Teratas atau Runner Up. Aamien. Allahumma Aamien

SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: