Selamat Datang di Kios Madinah dan Selamat Membaca Varian Postingannya

:: Kenapa Dan Bagaimana Harus Mengucapkan Salam



Sobat-Sobat Kios Madinah yang baik hati, kali ini admin pengen berbagi postingan dengan kategori ” renungan & Hikmah ” dengan judul:

KENAPA DAN BAGAIMANA HARUS MENGUCAPKAN SALAM?

Berikut ini ada beberapa alasan kenapa kita musti mengucapkan salam ( Assalamu’alaikum ) atau yang lebih sempurna lagi, misalnya ( Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh ).

Dari segi maknanya saja, ucapan ini berarti ( Semoga Allah memberimu keselamatan, kasih sayang dan berkah-Nya ). Lalu bagaimana jika ditinjau dari segi hikmah, keutamaan dan aspek lainnya? Oke, untuk lebih detailnya inilah jawabannya;

1. Karena Dianjurkan

Allah SWT. berfirman:
// Tidak ada halangan bagi orang buta, tidak (pula) bagi orang pincang, tidak (pula) bagi orang sakit, dan tidak (pula) bagi dirimu sendiri, makan (bersama-sama mereka) di rumah kamu sendiri atau di rumah bapak-bapakmu, di rumah ibu-ibumu, di rumah saudara-saudaramu yang laki-laki, di rumah saudaramu yang perempuan, di rumah saudara bapakmu yang laki-laki, di rumah saudara bapakmu yang perempuan, di rumah saudara ibumu yang laki-laki, di rumah saudara ibumu yang perempuan, di rumah yang kamu miliki kuncinya*) atau di rumah kawan-kawanmu. Tidak ada halangan bagi kamu makan bersama-sama mereka atau sendirian. Maka apabila kamu memasuki (suatu rumah dari) rumah-rumah (ini) hendaklah kamu memberi salam kepada (penghuninya yang berarti memberi salam) kepada dirimu sendiri, salam yang ditetapkan dari sisi Allah, yang diberi berkat lagi baik. Demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayatnya(Nya) bagimu, agar kamu memahaminya.// ( An-Nuur, 61 )

*) Catatan= rumah yang diserahkan kepadamu untuk mengurusnya.

Allah SWT. berfirman:
// Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memasuki rumah yang bukan rumahmu sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya. Yang demikian itu lebih baik bagimu, agar kamu (selalu) ingat.// ( An-Nuur, 27 )

Dari Abdullah Ibnu Salam bahwa Rasulullah saw. bersabda: "Wahai manusia, sebarkanlah ucapan salam, hubungkanlah tali silaturrahim, berilah makanan, dan shalatlah pada waktu malam dimana orang-orang sedang tertidur, engkau akan masuk surga dengan selamat." ( HR. Tirmidzi )

2. Karena Hak Sesama Muslim

Dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda: "Hak seorang muslim terhadap sesama muslim ada enam, yaitu: bila engkau berjumpa dengannya ucapkanlah salam; bila ia memanggilmu penuhilah; bila dia meminta nasehat kepadamu nasehatilah; bila dia bersin dan mengucapkan alhamdulillah bacalah yarhamukallah (semoga Allah memberikan rahmat kepadamu); bila dia sakit jenguklah; dan bila dia meninggal dunia hantarkanlah (jenazahnya)". ( HR. Muslim )

3. Karena Mengandung Kebaikan

Dari Abu Ayyub ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda: "Tidak halal bagi seorang muslim memutuskan persahabatan dengan saudaranya lebih dari tiga malam. Mereka bertemu, lalu seorang berpaling dan lainnya juga berpaling. Yang paling baik di antara keduanya ialah memulai mengucapkan salam. ( HR. Bukhari – Muslim )

Dari Abdullah bin 'Amr bin al-'Ash ra., bahwasanya ada seorang lelaki yang bertanya kepada Rasulullah saw.: "Manakah di dalam Islam itu amalan yang terbaik?" Beliau saw. bersabda: "Engkau memberikan makanan serta mengucapkan salam kepada orang yang engkau ketahui dan orang yang tidak engkau ketahui." (HR. Bukhari-Muslim)


4. Karena Mengundang Rasa Cinta

Dari Abu Hurairah r.a., bahwa: "Rasulullah saw. bersabda: "Demi Zat yang jiwaku ada di dalam genggaman kekuasaanNya, engkau semua tidak dapat masuk surga sehingga engkau semua beriman dan engkau semua belum disebut beriman sehingga engkau semua saling mencintai. Sukakah engkau saya beri petunjuk pada sesuatu yang apabila itu engkau semua lakukan, maka engkau semua dapat saling mencintai?, Sebarkanlah ucapan salam diantara kalian." ( HR. Muslim )

Bagaimana kita mengucapkan salam?

Allah SWT. berfirman:
// Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan*) itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa). Sesungguhnya Allah memperhitungankan segala sesuatu.// ( An-Nisaa’, 86 )

*) Catatan= yaitu dengan mengucapkan: Assalamu'alaikum.

Dari Abu Hurairah ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda: "Hendaklah salam itu diucapkan oleh yang muda kepada yang tua, yang berjalan kepada yang duduk, dan yang sedikit kepada yang banyak." ( HR. Bukhari – Muslim ). Menurut riwayat Muslim: "Dan yang menaiki kendaraan kepada yang berjalan."

Dari Ali ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda: "Cukuplah bagi sekelompok orang berjalan untuk mengucapkan salam salah satu di antara mereka dan cukuplah bagi sekelompok orang lainnya menjawab salam salah satu di antara mereka." ( HR. Ahmad dan Baihaqi )

Dari Ali ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda: "Janganlah mendahului orang Yahudi dan Nasrani dengan ucapan salam, bila bertemu dengan mereka di sebuah jalan usahakanlah mereka mendapat jalan yang paling sempit." ( HR. Muslim )


Dari Abu Said al-Khudry ra. bahwa Rasulullah saw.  bersabda: "Jauhkanlah dirimu untuk suka duduk di jalan." Mereka berkata: Wahai Rasulullah, itu hanyalah bagian dari tempat duduk kami, dimana kami biasa berbincang-bincang di sana. Beliau menjawab: "Jika kalian menolak (nasehat ini), maka berilah jalan itu haknya." Mereka bertanya: “Apakah haknya?” Beliau bersabda: "Menundukkan pandangan, tidak mengganggu, menjawab salam, menyuruh kepada kebaikan, dan melarang kemungkaran." (HR. Bukhari-Muslim)

Dari Anas ra. bahwasanya ia berjalan melalui anak-anak, kemudian ia memberikan salam kepada mereka dan berkata: "Nabi saw. juga melakukan yang demikian ini." (HR. Bukhari-Muslim)

Demikian postingan ini dengan judul Kenapa dan Bagaimana Harus Mengucapkan Salam beserta Hikmah yang terkandung di dalamnya. Oke, semoga bermanfa’at untuk admin dan sobat2 KM semuanya. Oke, terima kasih dan sampai jumpa lagi di waktu yang lain. See you next moment. Insya Allah

SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: