Selamat Datang di Kios Madinah dan Selamat Membaca Varian Postingannya

:: Belasan Balasan Bagi Orang Yang Bertakwa


Sobat-Sobat Kios Madinah yang baik hati, kali ini admin share kembali sebuah postingan pada kategori ” Renungan ” dengan judul:

BELASAN BALASAN BAGI ORANG YANG BERTAKWA

Sebelum mengetahui balasan-balasan bagi orang yang bertakwa yang mana pada postingan ini berjumlah belasan, sebagai renungan, alangkah baiknya kalau kita ketahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan takwa itu sendiri. Oke .

Definisi takwa ialah: Menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya dengan penuh ketulusan dan keimanan. Sedangkan dalil yang menunjukkan kepada takwa di antaranya adalah:

Firman Allah SWT (terjemahannya):

1 :: 

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam. (Ali-Imraan, 102)

2 :: 

Hai orang-orang beriman, apabila kamu mengadakan pembicaraan rahasia, janganlah kamu membicarakan tentang membuat dosa, permusuhan dan berbuat durhaka kepada Rasul. Dan bicarakanlah tentang membuat kebajikan dan takwa. Dan bertakwalah kepada Allah yang kepada-Nya kamu akan dikembalikan. (Al-Mujaadalah, 9)

3 :: 

Hai anak Adam*), sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa*)) itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat. (Al-A’raaf, 26)

*) Maksudnya ialah: umat manusia
*)) Maksudnya ialah: selalu bertakwa kepada Allah. 

Hadits Nabi saw., (terjemahannya):

4 :: 

Dari Abu Zar, Jundub bin Junadah dan Abu Abdurrahman, dan Mu’az bin Jabal radhiallahuanhuma dari Rasulullah saw. beliau bersabda: “Bertakwalah kepada Allah di mana saja kamu berada, dan iringilah keburukan dengan kebaikan maka akan dapat menghapusnya dan pergauilah manusia dengan akhlak yang baik .“ (HR. Turmuzi)

5 :: 

Dari Abu Hurairah ra., bahwa Rasulullah saw., bersabda: "Janganlah kalian saling hasut, saling najsy (memuji barang dagangan secara berlebihan), saling benci, saling berpaling, dan janganlah sebagian di antara kalian berjual beli kepada orang yang sedang berjual-beli*) dengan sebagian yang lain, dan jadilah kalian hamba-hamba Allah yang bersaudara. Muslim adalah saudara muslim lainnya, ia tidak menganiaya, tidak mengecewakannya, dan tidak menghinanya. Takwa itu ada disini (beliau menunjuk ke dadanya tiga kali). Sudah termasuk kejahatan seseorang bila ia menghina saudaranya yang muslim. Setiap muslim bagi muslim lainnya adalah haram baik darahnya, hartanya dan kehormatannya." (HR. Muslim)

*) Maksudnya ialah: termasuk membeli barang yang masih dalam penawaran orang lain

Itulah definisi dan penjabaran singkat mengenai takwa. Kemudian apa saja balasan bagi orang yang bertakwa? Ada berbagai macam balasan yang Allah janjikan terhadap mereka. Belasan balasan bagi mereka di antaranya yaitu:

1. Menghapus dosa

Itulah perintah Allah yang diturunkan-Nya kepada kamu, dan barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan menghapus kesalahan-kesalahannya dan akan melipat gandakan pahala baginya. (Ath-Thalaaq, 5)

2. Pahala

Sesungguhnya orang yang merendahkan suaranya di sisi Rasulullah mereka itulah orang-orang yang telah diuji hati mereka oleh Allah untuk bertakwa. Bagi mereka ampunan dan pahala yang besar. (Al-Hujuraat, 3)

3. Taman Surgawi

(yaitu) syurga 'Adn yang mereka masuk ke dalamnya, mengalir di bawahnya sungai-sungai, di dalam surga itu mereka mendapat segala apa yang mereka kehendaki. Demikianlah Allah memberi balasan kepada orang-orang yang bertakwa. (An-Nahl, 31)

Perumpamaan syurga yang dijanjikan kepada orang-orang yang bertakwa ialah (seperti taman); mengalir sungai-sungai di dalamnya; buahnya tak henti-henti sedang naungannya (demikian pula). Itulah tempat kesudahan bagi orang-orang yang bertakwa, sedang tempat kesudahan bagi orang-orang kafir ialah neraka (Ar-Ra’d, 35)

4. Cinta Allah

(Bukan demikian), sebenarnya siapa yang menepati janji (yang dibuat)nya*) dan bertakwa, maka sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertakwa. (Ali-Imraan, 76)

*) Maksudnya ialah: janji yang telah dibuat seseorang baik terhadap sesama manusia maupun terhadap Allah

5. Jalan keluar (solusi)

………….. Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. (Ath-Thalaaq, 2)

6. Penyertaan Allah

…………. dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa. (At-Taubah, 

7. Kemudahan

………….. Dan barang -siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya. (Ath-Thalaaq, 4)

8. Keberkahan

Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertakwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya. (Al-A’raaf, 96)

9. Kemenangan

Dan barang siapa yang taat kepada Allah dan rasul-Nya dan takut kepada Allah dan bertakwa kepada-Nya, maka mereka adalah orang- orang yang mendapat kemenangan. (An-Nuur, 52)

10. Perlindungan

Sesungguhnya mereka sekali-kali tidak akan dapat menolak dari kamu sedikitpun dari siksaan Allah. Dan Sesungguhnya orang-orang yang zalim itu sebagian mereka menjadi penolong bagi sebagian yang lain, dan Allah adalah pelindung orang-orang yang bertakwa. (Al-Jaatsiyah, 19)

11. Tiadanya kekhawatiran

Hai anak-anak Adam, jika datang kepadamu rasul-rasul daripada kamu yang menceritakan kepadamu ayat-ayat-Ku maka barangsiapa yang bertakwa dan mengadakan perbaikan, tidaklah ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. (Al-A’raaf, 35)

12. Mendapati tanda-tanda kekuasan-Nya

Sesungguhnya pada pertukaran malam dan siang itu dan pada apa yang diciptakan Allah di langit dan di bumi, benar-benar terdapat tanda-tanda (kekuasaan-Nya) bagi orang- orang yang bertakwa. (Yunus, 6)

Demikian postingan dengan judul Belasan Balasan Bagi Orang yang Bertakwa pada Label Renungan ini, semoga bermanfa’at untuk admin khususnya, dan Sobat-Sobat KM umumnya. Okey, Thank you dan sampai ketemu di lain waktu dengan postingan yang terbaru. Insya Allah. See you next time. Bye Bye







SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: