Selamat Datang di Kios Madinah dan Selamat Membaca Varian Postingannya

5 Anjuran Merahasiakan Aib Seseorang


Sobat-Sobat Kios Madinah yang baik hati, kali ini admin share kembali sebuah postingan dengan kategori ” Renungan ” dengan judul:

5 ANJURAN UNTUK MERAHASIAKAN AIB SESEORANG

Aib adalah kekurangan atau kejelekan seseorang yang tak diinginkan untuk diketahui orang lain. Karena dengan terbukanya aib seseorang akan menyebabkan ia malu, rendah diri dan kurang percaya diri. Maka dari itu, tak seorangpun menginginkan aibnya diketahui orang lain. Tapi ternyata tak semua orang dapat merahasiakan aib orang lain. 

Untuk kita yang menginginkan aib kita tidak diketahui orang lain dan berupaya menghindari dari membuka aib orang lain, di bawah ini ada 5 anjuran yang diambil dari ayat al qur’an dan hadits Nabi yang Insya Allah dapat mengingatkan dan menghantarkan diri kita untuk kedua hal itu yakni aib kita tidak diketahui orang lain dan kita tidak membuka aib orang lain. Oke, sebagai renungan, inilah anjurannya:

Anjuran Pertama

Allah SWT berfirman: “Hai orang-orang yang beriman,  jauhilah kebanyakan prasangka (kecurigaan), karena sebagian dari prasangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan (aib) orang lain dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa  jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.” ( Al-Hujuraat, 12 )

Anjuran Kedua

Dari Abu Hurairah ra., dari Rasulullah saw., bersabda: “Barang siapa yang menyelesaikan kesulitan seorang mukmin dari berbagai kesulitan-kesulitan dunia, niscaya Allah akan memudahkan kesulitan-kesulitannya di Hari Kiamat. Dan barang siapa yang memudahkan orang yang sedang kesulitann niscaya akan Allah mudahkan baginya di dunia dan akhirat. Dan barang siapa menutupi (aib) seorang muslim Allah akan tutupi aibnya di dunia dan akhirat. Allah selalu menolong hamba-Nya selama hamba-Nya menolong saudaranya. Barang siapa yang menempuh jalan untuk mendapatkan ilmu, akan Allah mudahkan baginya jalan ke surga. Suatu kaum yang berkumpul di salah satu rumah Allah membaca kitab-kitab Allah dan mempelajarinya di antara mereka, niscaya akan diturunkan kepada mereka ketenangan dan dilimpahkan kepada mereka rahmat, dan mereka dikelilingi malaikat serta Allah sebut-sebut mereka kepada makhluk disisi-Nya. Dan siapa yang lambat amalnya, hal itu tidak akan dipercepat oleh nasabnya. (HR. Bukhari dan Muslim)

Anjuran Ketiga

Dari Ibnu Umar ra., ia berkata bahwa Rasulullah saw., naik ke atas mimbar, lalu memanggil dengan suara tinggi: “Wahai orang-orang yang beriman dengan lisannya dan iman itu belum sampai ke hatinya, janganlah menyakiti orang-orang yang beriman, janganlah mencela mereka, dan janganlah mencari-cari aurat ( aib ) mereka, karena barangsiapa mencari-cari aib saudaranya yang muslim, maka Allah membuka aibnya dan memalukannya walaupun dia berada di dalam rumahnya. (HR. Tirmidzi)

Anjuran Keempat

Rasulullah saw., bersabda : “Orang Islam itu adalah saudara bagi orang Islam lainnya, dia tidak menganiayanya dan tidak pula menyerahkannya kepada musuhnya (tidak juga meninggalkannya tanpa pertolongan), barangsiapa menolong saudaranya untuk memenuhi hajatnya, maka Allah bersamanya dalam memenuhi hajatnya, dan barangsiapa melapangkan suatu kesusahan dari seorang muslim, maka Allah akan melapangkan baginya suatu kesusuhan dari kesusahan di hari kiamat, dan barangsiapa menutupi (aib) seorang muslim, maka Allah menutupi aibnya di hari kiamat. (HR. Muslim)

Anjuran Kelima

Dari Anas ra., bahwa Rasulullah saw., bersabda: "Berbahagialah orang yang tersibukkan dengan aibnya sendiri, sehingga ia tidak memperhatikan aib orang lain." (HR. Al-Bazzar dengan sanad hasan)

Demikian postingan dengan judul 5 Anjuran Merahasiakan Aib Seseorang pada Label Renungan ini, semoga bermanfa’at untuk admin khususnya, dan Sobat-Sobat KM umumnya. Okey, Thank you dan sampai ketemu di lain waktu dengan postingan yang terbaru. Insya Allah. See you next time. Bye Bye

Baca Juga:
> Yang Sepele Yang Membawa Dosa

SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: