Selamat Datang di Kios Madinah dan Selamat Membaca Varian Postingannya

:: Diantara Sifat-Sifat Nabi Muhammad SAW.



Sobat-Sobat Kios Madinah yang baik hati, kali ini admin kembali share sebuah postingan dengan kategori ” Renungan ” dengan judul: 

DIANTARA SIFAT-SIFAT NABI MUHAMMAD SAW.

Sebenarnya, untuk mengetahui sifat-sifat Nabi Muhammad SAW. adalah dengan memahami isi kandungan Al Qur'an karena akhlak beliau adalah Al Qur'an. Dengan kata lain, semua perilaku Nabi SAW. tidak terlepas dengan Al Qur'an. Namun demikian Al Qur'an juga menyebutkan secara khusus tentang akhlak beliau pada ayat-ayat tertentu.

Oke, berikut ini adalah di antara sifat-sifat Nabi SAW. yang termaktub dalam Al Qur'an dan secara khusus memaparkan tentang sifat-sifat beliau untuk kita jadikan renungan dan teladan dalam kehidupan kita sehari-hari:

1. Berakhlak Mulia

Mengenai akhlak mulia beliau, Allah SWT berfirman:
Dan sesungguhnya kamu ( Muhammad ) benar-benar berbudi pekerti yang agung. ( Al Qalam, 4 )
Sungguh telah datang kepadamu seorang Rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin. ( At Taubah, 128 )

2. Rendah Hati

Mengenai kerendahan hati  beliau, Allah SWT berfirman:
Dan rendahkanlah dirimu terhadap orang-orang yang mengikutimu, yaitu orang-orang yang beriman. (  Asy Syu'araa', 215 )
Balaslah perbuatan buruk mereka dengan yang lebih baik. Kami lebih mengetahui apa yang mereka sifatkan. (  Al Mu'minuun, 96 )
Katakanlah: Aku tidak mengatakan kepadamu, bahwa perbendaharaan Allah ada padaku, dan tidak (pula) aku mengetahui yang ghaib dan tidak (pula) aku mengatakan kepadamu bahwa aku seorang malaikat. Aku tidak mengikuti kecuali apa yang diwahyukan kepadaku. Katakanlah: "Apakah sama orang yang buta dengan yang melihat?" Maka apakah kamu tidak memikirkan(nya)?" (Al An'aam, 50 )
Dan aku tidak mengatakan kepada kamu (bahwa): "Aku mempunyai gudang-gudang rezki dan kekayaan dari Allah, dan aku tiada mengetahui yang ghaib", dan tidak (pula) aku mengatakan: "Bahwa sesungguhnya aku adalah malaikat", dan tidak juga aku mengatakan kepada orang-orang yang dipandang hina oleh penglihatanmu: "Sekali-kali Allah tidak akan mendatangkan kebaikan kepada mereka." Allah lebih mengetahui apa yang ada pada diri mereka; sesungguhnya aku, kalau begitu benar-benar termasuk orang-orang yang zalim. ( Huud, 31 )

3. Zuhud

Mengenai ke-zuhud-an beliau, Allah SWT berfirman:
Dan janganlah kamu tujukan kedua matamu kepada apa yang telah Kami berikan kepada golongan-golongan dari mereka sebagai bunga kehidupan dunia untuk Kami uji mereka dengannya. Dan karunia Tuhan kamu adalah lebih baik dan lebih kekal. ( Thaahaa, 131 )
Janganlah sekali-kali kamu menunjukkan pandanganmu kepada kenikmatan hidup yang telah Kami berikan kepada beberapa golongan di antara mereka (orang-orang kafir itu), dan janganlah kamu bersedih hati terhadap mereka dan berendah dirilah kamu terhadap orang-orang yang beriman. (  Al Hijr, 88 )

4. Kasih Sayang

Mengenai kasih sayang beliau, Allah SWT berfirman:
Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu ma'afkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya. ( Ali 'Imran, 159 )
Di antara mereka (orang-orang munafik) ada yang menyakiti Nabi dan mengatakan: "Nabi mempercayai semua apa yang didengarnya." Katakanlah: "Ia mempercayai semua yang baik bagi kamu, ia beriman kepada Allah, mempercayai orang-orang mukmin, dan menjadi rahmat bagi orang-orang yang beriman di antara kamu." Dan orang-orang yang menyakiti Rasulullah itu, bagi mereka azab yang pedih. (  At Taubah, 61 )

5. Takwa

Mengenai ketakwaan beliau, Allah SWT berfirman:
 
Katakanlah: "Sesungguhnya aku takut akan azab hari yang besar (hari kiamat), jika aku mendurhakai Tuhanku." (  Al An'aam, 15 )
Dan apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayat Kami yang nyata, orang-orang yang tidak mengharapkan pertemuan dengan Kami dan berkata: "Datangkanlah Al Quran yang lain dari ini atau gantilah ia." Katakanlah: "Tidaklah patut bagiku menggantinya dari pihak diriku sendiri. Aku tidak mengikut kecuali apa yang diwahyukan kepadaku. Sesungguhnya aku takut jika mendurhakai Tuhanku kepada siksa hari yang besar (kiamat)." (  Yunus, 15 )

Demikian postingan ini dengan judul Diantara Sifat-Sifat Nabi Muhammad SAW pada Label Renungan, semoga bermanfa’at untuk admin khususnya, dan Sobat-Sobat KM umumnya. Okey, Thank you dan sampai ketemu di lain waktu dengan postingan yang terbaru. Insya Allah. See you next time. Bye Bye

SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: