Selamat Datang di Kios Madinah dan Selamat Membaca Varian Postingannya

# Aneka Keutamaan di Bulan Ramadhan


Sobat-Sobat Kios Madinah yang baik hati, pada kesempatan kali ini dalam suasana bulan suci Ramadahn admin pengen berbagi postingan dengan kategori ” Hikmah ” dengan judul:

ANEKA KEUTAMAAN DI BULAN RAMADHAN

Bulan Ramadhan adalah bulan suci dan sarat dengan hikmah dan keutamaan di dalamnya. Dan berikut ini adalah aneka keutamaannya:

1. Bulan diturunkannya Al Qur’an

(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur. ( Al Baqarah, 185 )

2. Bulan dibukanya pintu surga

Dari Abu Hurairah ra., bahwa Rasulullah saw., bersabda: “ Apabila bulan Ramadhan datang maka dibukalah pintu-pintu surga dan ditutuplah pintu-pintu neraka serta dibelenggulah syetan-syetan.” (HR. Bukhari – Muslim )

3. Sarana menghapus dosa-dosa

Dari Abu Hurairah ra., bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Barangsiapa melakukan ibadah Ramadhan karena iman dan mengharap ridlo-Nya, maka diampunilah dosa-dosanya yang telah lalu." ( HR. Muttafaq Alaihi. )

Dari Abu Hurairah ra., dari Rasulullah saw., bersabda:

"Shalat lima waktu, dari Jum'at yang satu ke Jum'at yang berikutnya, dari Ramadhan yang satu ke Ramadhan yang berikutnya itu dapat menjadi penghapus dosa-dosa antara jarak keduanya itu, jikalau dosa-dosa besar dijauhi." ( HR. Muslim )

Dari Abu Hurairah r.a : Rasulullah saw., bersabda, “Sebaik-baik puasa setelah bulan Ramadhan adalah puasa bulan Muharram dan sebaik-baik shalat setelah shalat fardhu adalah solat malam (tahajjud).” ( HR. Abu Daud )

4. Sarana masuk surga

Dari Abu Hurairah r.a : Rasulullah saw bersabda: “Apabila datang bulan Ramadhan, dibukakan semua pintu syurga.” ( HR Bukhari )

5. Sarana mendapatkan Lailatul Qodar

Firman, Allah SWT., artinya: Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. (Al-Qadr, 3)

Dari Aisyah ra., ia berkata bahwa Rasulullah saw., selalu beri’tikaf pada sepuluh malam yang terakhir dari bulan Ramadhan, serta bersabda: “ Bersungguh-sungguhlah kalian mencari Lailatul Qodar pada sepuluh malam yang terakhir dari bulan Ramadhan.” ( HR. Bukhari – Muslim )

Dari Abu Hurairah ra., dari Nabi saw., beliau bersabda: “ Barang siapa beribadah pada malam Lailatul Qodar dengan penuh keimanan dan hanya mengharapkan pahala dari Allah maka diampuni dosa-dosanya yang dahulu.” ( HR. Bukhari – Muslim )

6. Sarana mendapatkan kebaikan

Dari Sahl bin Sa’ad ra., Rasulullah saw., bersabda: “ Manusia selalu dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.” (HR. Bukhari – Muslim )

7. Sarana mendapatkan berkah

Dari Abu Said al Khudri Radhiyallahu Anhu berkata, bersabda Rasulullah Shalallahu Alaihi wa Sallam: “Makan sahur adalah berkah, jangan kalian tinggalkan meski hanya dengan seteguk air, sesungguhnya Allah Azza Wa Jalla dan para malaikat mengucapkan salam kepada orang-orang yang makan sahur.” ( HR. Ahmad dan Ibnu Hibban ).

Dari Anas ra., berkata: Rasulullah saw., bersabda: “Bersahurlah kalian karena sesungguhnya di dalam sahur itu terdapat keberkahan.” ( HR. Bukhari – Muslim )

Demikian postingan dengan judul Aneka keutamaan di Bulan Ramadhan ini, semoga dapat diambil hikmahnya dan bermanfa’at untuk admin dan sobat2 KM semuanya. Kemudian ntuk membaca postingan dengan judul Hikmah Berpuasa silahkan klik disini. Oke, terima kasih dan sampai jumpa lagi di waktu yang lain. See you next moment.

SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: