Selamat Datang di Kios Madinah dan Selamat Membaca Varian Postingannya

10 Amalan Pembuka Pintu Rejeki

Sobat-Sobat Kios Madinah yang baik hati, kali ini admin pengen berbagi postingan kategori ”Renungan” dengan judul:



10 AMALAN PEMBUKA PINTU REJEKI



Postingan ini sebagai salah satu renungan bagi kita dalam rangka meraih rizki dari Allah, baik yang sudah ditetapkan atau dijatahkan atau dijaminkan atau dijanjikan atau yang harus diupayakan.

10 amalan yang perlu kita perhatikan sebagai pembuka pintu rizki, sebagaimana yang berikut ini:

1. Meningkatkan rasa syukur


Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih". (Ibrahim, 7)


2. Menafkahkan harta yang ada dan sedekah


Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui. (Al-Baqarah: 261)

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

كُلُّ سُلاَمَى مِنَ النَّاسِ عَلَيْهِ صَدَقَةٌ كُلَّ يَوْمٍ تَطْلُعُ فِيْهِ الشَّمْسُ، تَعْدِلُ بَيْنَ اثْنَيْنِ صَدَقَةٌ، وَتُعِيْنُ الرَّجُلَ فِي دَابَّتِهِ فَتَحْمِلُهُ عَلَيْهَا أَوْ تَرْفَعُ لَهُ عَلَيْهَا مَتَاعَهُ صَدَقَةٌ، وَالْكَلِمَةُ الطَّيِّبَةُ صَدَقَةٌ، وَبِكُلِّ خُطْوَةٍ تََمْشِيْهَا إِلَى الصَّلاَةِ صَدَقَةٌ، وَتُمِيْطُ الأَذَى عَنِ الطَّرِيْقِ صَدَقَةٌ

“Setiap persendian manusia diwajibkan untuk bersedakah setiap harinya mulai matahari terbit. Memisahkan (menyelesaikan perkara) antara dua orang (yang berselisih) adalah sedekah. Menolong seseorang naik ke atas kendaraannya atau mengangkat barang-barangnya ke atas kendaraannya adalah sedekah. Berkata yang baik juga termasuk sedekah. Begitu pula setiap langkah berjalan untuk menunaikan shalat adalah sedekah. Serta menyingkirkan suatu rintangan dari jalan adalah shadaqah ”. [HR. Bukhari dan Muslim]


3. Meningkatkan takwa dan tawakkal kepada Allah SWT


……………………. Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar.
Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.
( Ath-Thalaq, 2-3 )



4. Meningkatkan keimanan


Dan (ingatlah), ketika Ibrahim berdoa: "Ya Tuhanku, jadikanlah negeri ini, negeri yang aman sentosa, dan berikanlah rezeki dari buah-buahan kepada penduduknya yang beriman diantara mereka kepada Allah dan hari kemudian. Allah berfirman: "Dan kepada orang yang kafirpun Aku beri kesenangan sementara, kemudian Aku paksa ia menjalani siksa neraka dan itulah seburuk-buruk tempat kembali". (Al-Baqarah, 126)


5. Menjalin Silaturahim


Dari Abu Hurairah ra., ia berkata: “ Aku mendengar Rasulullah saw., bersabda: “Barang siapa yang ingin dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya maka hendaklah ia menjalin tali silaturrahim. (HR. Bukhari & Muslim)


    6. Memperbanyak Membaca "Lahawla Wala Quwwata Illa billah"

    Rasulullah saw., bersabda: “Barang siapa yang lambat datang rezekinya hendaklah banyak mengucapkan "La hawla Wala Quwwata Illa billah." (HR. At-Tabrani)

    7. Membaca "La Ilaha Illallahul Malikul Haqqul Mubin"


    Rasulullah saw., bersabda: “Barang siapa setiap hari membaca La ilaha illallah al malikul haqqul mubin, maka bacaan itu akan menjadi keamanan dari kefakiran dan menjadi penenteram dari rasa takut dalam kubur. (HR. Abu Nu'aim dan Ad-Dailami)



    8. Melanggengkan Ber-Istighfar


    Rasulullah saw., bersabda: "Barang siapa melanggengkan beristighfar niscaya Allah SWT akan mengeluarkan dia dari segala kesusahan dan memberikan rezki dari arah yang tidak diduga-duga." (HR. Ahmad, Abu Dawud dan Ibnu Majah)


    9. Membaca Surat Al-Ikhlas


    Rasulullah saw., bersabda: "Barangsiapa membaca Surat Al-Ikhlas ketika masuk rumah maka berkah bacaan menghilangkan kefakiran dari penghuni rumah dan tetangganya." (HR. At-Tabrani)



    10. Membaca Surat Al-Waqiah


    Rasulullah saw., bersabda: "Barangsiapa membaca surat Al-Waqiah setiap malam, maka tidak akan ditimpa kesempitan hidup." (HR. Al-Baihaqi dalam Syu'ab Al Iman)

    Demikian postingan dengan judul 10 Amalan Pembuka Pintu Rejeki pada Label Renungan ini, semoga bermanfa’at untuk admin dan Sobat KM semuanya. Oke, terima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa lagi di lain kesempatan. Insya Allah. See you next moment.

    Baca Juga :
    Hikmah / Keutamaan Shalat Dhuha

    SHARE
      Blogger Comment
      Facebook Comment

    0 komentar: