Selamat Datang di Kios Madinah dan Selamat Membaca Varian Postingannya

# Keutamaan Menuntut Ilmu

Sobat-Sobat Kios Madinah yang baik hati, kali ini admin pengen berbagi postingan dengan kategori ”Hikmah” dengan judul:

KEUTAMAAN MENUNTUT ILMU

Menuntut ilmu yang bermanfaat tentu sangat bermanfaat untuk kebaikan dan perbaikan hidup kita di dunia dan di akhirat. Selain itu, menuntut ilmu juga mempunyai hikmah dan keutamaan tersendiri sebagaimana yang berikut ini:

1.   Allah akan meninggikan derajat orang yang berilmu.
Sebagaimana firman Allah SWT.:
Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", maka berdirilah; niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (Al Mujadalah, 11).

2.   Orang yang berilmu pantas menjadi tempat bertanya.
 Sebagaimana firman Allah SWT.:
 Kami tiada mengutus rasul rasul sebelum kamu (Muhammad), melainkan beberapa orang-laki-laki yang Kami beri wahyu kepada mereka, maka tanyakanlah olehmu kepada orang-orang yang berilmu, jika kamu tiada mengetahui. (Al Anbiyaa’, 7).
3.   Orang yang menuntut ilmu dido’akan pengampunan.
Sebagaimana Sabda Nabi SAW.:
Dari Anas ra. Rasulullah saw. bersabda: “Menuntut ilmu itu wajib bagi semua orang islam. Dan sesungguhnya orang yang sedang menuntut ilmu itu dimintakan ampunan oleh semua makhluk termasuk ikan-ikan di lautan. (HR. Ibnu Abdil Bar).

4.   Orang yang berilmu dikehendaki menjadi orang baik.
Dari Mu'awiyah ra. berkata: “Rasulullah saw. bersabda: "Barang siapa dikehendaki Allah untuk menjadi baik, maka Dia memberinya kepahaman ilmu agama. (HR. Bukhari dan Muslim).

5.   Penuntut ilmu akan dimudahkan masuk surga.
 Sebagaimana Sabda Nabi SAW.:
 Dari Abu Hurairah ra. Rasulullah saw. bersabda: “Barang siapa berjalan dalam rangka menuntut ilmu maka Allah akan memudahkan jalannya menuju surga. (Hr. Tirmidzi).

6.   Menuntut ilmu lebih afdol daripada shalat sunnah.
Sebagaimana Imam Syafi'i ra. berkata: “Menuntut ilmu itu lebih utama daripada shalat sunnah.”

7.   Berilmu adalah salah satu syarat diterimanya amal.
Sebagaimana Ibnu Ruslan berkata: “Wakullu man bighoiri 'ilmin ya'mal, a'maaluhuu marduudatun laa tuqbal.” (Dan setiap orang yang tanpa ilmu ia beramal, maka amalnya tertolak dan tak diterima.)

8.   Ilmu akan dicabut dengan wafatnya ulama.
 Sebagaimana Sabda Nabi SAW.:
 Dari Abdullah bin 'Amr bin 'Ash ra. berkata: “Saya mendengar Rasulullah saw. bersabda; “Sungguh Allah tidak akan mencabut ilmu dari manusia begitu saja, tetapi Allah aka mencabutnya dengan mencabut (mewafatkan) ulama. Sehingga apabila tidak ada ulama, maka orang-orang bodoh akan dijadikan pemimpin. Lalu mereka ditanya (tentang agama) maka mereka berfatwa dengan tanpa dasar ilmu, sehingga mereka sesat dan menyesatkan. (HR. Bukhari dan Muslim).

  [Sebagian postingan ini dinukil dari kitab Kifayatul Atqiyaa’ hal. 71-74]
Demikian postingan dengan judul Keutamaan Menuntut Ilmu ini, semoga ada hikmahnya dan bermanfa’at untuk kita semua. Amien. Di samping itu admin berharap semoga saja dengan baca-baca di internet seperti ini termasuk menuntut ilmu. Okey kan?! Oke, sampai jumpa lagi di waktu yang lain. See you next moment.

SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: