Selamat Datang di Kios Madinah dan Selamat Membaca Varian Postingannya

:: Gambaran Keadaan di Neraka

Sobat-Sobat Kios Madinah yang baik hati, sekarang admin angkat sebuah postingan dengan kategori ”Renungan” diberi judul:

GAMBARAN KEADAAN DI NERAKA 

Di bawah ini adalah gambaran keadaan di neraka sebagaimana yang difirmankan oleh Allah SWT. di dalam Al-Qur’an. Selamat membaca, merenung dan bermuhasabah…….

1. Neraka adalah paling buruknya tempat tinggal.

Firman Allah yang berkenaan dengan ini yaitu: 

Dan apabila dikatakan kepadanya: "Bertakwalah kepada Allah", bangkitlah kesombongannya yang menyebabkan ia berbuat dosa. Maka cukuplah (balasannya) neraka Jahannam. Dan sungguh neraka Jahannam itu tempat tinggal yang seburuk-buruknya. ( Al-Baqoroh, 206 )

Dikatakan (kepada mereka): "Masukilah pintu-pintu neraka Jahannam itu, sedang kamu kekal di dalamnya" Maka neraka Jahannam itulah seburuk-buruk tempat bagi orang-orang yang menyombongkan diri. ( Az-Zumar, 72)

Ia berjalan di muka kaumnya di hari kiamat lalu memasukkan mereka ke dalam neraka. Neraka itu adalah seburuk-buruk tempat yang didatangi. ( Huud, 98 )

2. Suara apinya sangat mengerikan.

Firman Allah yang berkenaan dengan ini yaitu: 

Apabila mereka dilemparkan ke dalamnya mereka mendengar suara neraka yang mengerikan, sedang neraka itu menggelegak, ( Al-Mulk, 7 )

Apabila neraka itu melihat mereka dari tempat yang jauh, mereka mendengar kegeramannya dan suara nyalanya. ( Al-Furqon, 12 )

3. Nyala apinya setinggi istana.

Firman Allah yang berkenaan dengan ini yaitu: 

Kemudian masukkanlah dia ke dalam api neraka yang menyala-nyala. ( Al-Haaqqoh, 31 )

Sesungguhnya neraka itu melontarkan bunga api sebesar dan setinggi istana. ( Al-Mursalaat, 32)

4. Bahan bakarnya adalah manusia dan batu.

Frirman Allah yang berkenaan dengan ini yaitu: 

Maka jika kamu tidak dapat membuat(nya), dan pasti kamu tidak akan dapat membuat(nya), peliharalah dirimu dari neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu, yang disediakan bagi orang-orang kafir. ( Al-Baqoroh, 24 )

5. Pintunya tertutup rapat.

Frirman Allah yang berkenaan dengan ini yaitu: 

Mereka berada dalam neraka yang ditutup rapat. ( Al-Balad, 20 )

6. Penguninya dari bangsa jin dan manusia

Frirman Allah yang berkenaan dengan ini yaitu:

Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk (isi neraka Jahannam) kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai. (Al-A'raaf: 179)

7. Penghuninya saling protes atau berbantah-bantahan

Frirman Allah yang berkenaan dengan ini yaitu:

Dan (ingatlah), ketika mereka berbantah-bantah dalam neraka, maka orang-orang yang lemah berkata kepada orang-orang yang menyombongkan diri: "Sesungguhnya kami adalah pengikut-pengikutmu, maka dapatkah kamu menghindarkan dari kami sebagian azab api neraka?" (QS.Al-Mu'min,47)

Orang-orang yang menyombongkan diri menjawab: "Sesungguhnya kita semua sama-sama dalam neraka karena sesungguhnya Allah telah menetapkan keputusan antara hamba-hamba-(Nya)." (QS.Al-Mu'min,48)

Dan orang-orang yang berada dalam neraka berkata kepada penjaga-penjaga neraka Jahannam: "Mohonkanlah kepada Tuhanmu supaya Dia meringankan azab dari kami barang sehari." (QS.Al-Mu'min,49)

Penjaga Jahannam berkata: "Dan apakah belum datang kepada kamu rasul-rasulmu dengan membawa keterangan-keterangan?" Mereka menjawab: "Benar, sudah datang." Penjaga-penjaga Jahannam berkata: "Berdoalah kamu." Dan doa orang-orang kafir itu hanyalah sia-sia belaka. (QS.Al-Mu'min,50)

8. Pakaian penghuninya terbuat dari ter.

Frirman Allah yang berkenaan dengan ini yaitu:

Pakaian mereka adalah dari pelangkin (ter) dan muka mereka ditutup oleh api neraka, ( Ibrohim, 50 )

9. Tempat tidur dan selimut penghuninya terbuat dari api.

Firman Allah yang berkenaan dengan ini yaitu: 

Mereka mempunyai tikar tidur dari api neraka dan di atas mereka ada selimut (api neraka). Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang zalim, ( Al-A'rof, 41 )

Demikian postingan dengan judul “Gambaran Keadaan di Neraka”, semoga renungan ini termasuk sebagai ibadah tafakkur kita tentang ketentuan Allah dan kita tidak termasuk dari salah satu penghuninya. Amin…. Untuk membaca postingan sebelumnya dengan judul “Gambaran Suasana di Surga”, silahkan klik linknya pada judul. Oke, trima kasih atas kunjungannya dan sampai jumpa di lain kesempatan. Insya Allah. 

SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: