Selamat Datang di Kios Madinah dan Selamat Membaca Varian Postingannya

# Fadhilah Dzikir

Sobat-Sobat Kios Madinah yang baik hati, kali ini admin kembali upload sebuah postingan dengan kategori ”Hikmah” dengan judul:  

FADHILAH DZIKIR

Dzikir atau dzikrullah yakni mengingat Allah atau menyebut nama Allah, sangatlah banyak sekali jenis, versi dan fadhilah atau keutamaannya. Namun di sini admin sekedar ingin sharing tentang fadhilah, keutamaan serta hikmah dzikir secara umum dengan harapan kita dapat tergiur untuk mengamalkannya secara kontinyu dan istiqomah yang pada akhirnya kita tertarik untuk mengamalkan dzikir-dzikir lain yang mempunyai keistimewaan khusus. Oke, berikut ini adalah beberapa fadhilah dzikir; 

1.    Untuk melaksanakn perintah Allah 

Allah SWT. berfirman yang artinya:
Hai orang-orang yang beriman, berzdikirlah (dengan menyebut nama) Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya.  ( Al Ahzab, 33 ). 

Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan apabila mereka berdiri untuk shalat mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya (dengan shalat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit sekali. ( An Nisaa’, 142 ). 

2.    Untuk mendapatkan ampunan dan pahala yang besar 

Allah SWT. berfirman Allah SWT. berfirman yang artinya:
Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyu', laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar. ( Al Ahzab, 35 ). 

3.    Untuk diingat oleh Allah 

Allah SWT. berfirman Allah SWT. berfirman yang artinya:
Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku. ( Al-Baqoroh, 152 ).

Rasulullah saw. bersabda: “Allah saw. berfirman: “Aku bersama hambaku apabila ia mengingatku dan menggerakkan kedua bibirnya untuk menyebutku.” (Syarh Kifayatul Atqiya’ hal.108). 

4.    Untuk mendapatkan ketenangan hati 

Allah SWT. berfirman Allah SWT. berfirman yang artinya:
(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tentram. ( Ar Ro’du, 28 ). 

5.    Untuk mendapatkan keutamaan yang melebihi jihad 

Rasulullah saw. bersabda: Dzikrullah pada  waktu pagi dan petang lebih utama daripada menghunuskan pedang untuk berperang di jalan Allah.” (Syarh Kifayatul Atqiya’ hal.108). 

6.    Sebagai pelebur sifat kemunafikan dan lainnya 

Rasulullah saw. bersabda: “Dzikirullah (ingat kepada Allah) adalah ilmu keimanan dan pelebur kemunafikan dan pelindung dari syaitan dan penjaga dari siksa neraka.” (Syarh Kifayatul Atqiya’ hal.108). 

7.    Sebagai pertanda cinta kepada Allah 

Rasulullah saw. bersabda: “Tanda-tanda mencintai Allah adalah mencintai dzikrullah dan tanda-tanda membenci Allah adalah membenci dzikrullah.” (Syarh Kifayatul Atqiya’ hal.108).

Demikian postingan kali dengan judul Fadhilah Dzikir ini, semoga dapat diambil hikmah nya dan bermanfa’at untuk kebaikan kita semua. Amien Ya Rabbal 'Aalamiin. Oke, sampai ketemu di lain waktu dengan postingan yang lebih jitu. Insya Allah.

SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: