Selamat Datang di Kios Madinah dan Selamat Membaca Varian Postingannya

# Keutamaan Sabar


Sobat-sobat Kios Madinah yang baik hati, kali ini admin akan berbagi postingan Label HIKMAH dengan judul:

KEUTAMAAN SABAR

Oke, sebelum kita sharing mengenai keutamaan sabar beserta hikmahnya, sebaiknya kita mengetahui bahwa sabar itu ada 3 macam;

Yang pertama: Sabar dalam melaksanakan perintah Allah

Yang kedua: Sabar dalam meninggalkan larangan Allah

( Maka bersabarlah kamu untuk (melaksanakan) ketetapan Tuhanmu, dan janganlah kamu ikuti orang yang berdosa dan orang yang kafir di antara mereka.) Al Insaan;24.

Yang ketiga: Sabar dalam menghadapi musibah

( Kecuali orang-orang yang sabar (terhadap bencana), dan mengerjakan amal-amal saleh; mereka itu beroleh ampunan dan pahala yang besar.) Huud;11.

Sedangkan keutamaan sabar tentu sangat banyak kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, baik yang terjadi pada diri kita (sewaktu bersabar) atau pada orang lain. Namun kali ini alangkah baiknya kalau kita mengkaji keutamaan sabar yang terdapat dalam beberapa ayat Al Qur’an dan Hadits sebagaimana yang dipaparkan di bawah ini;

1. Orang yang sabar akan dinyatakan sebagai orang yang baik menurut penilaian Allah

( Dan sesungguhnya Kami benar-benar akan menguji kamu agar Kami mengetahui orang-orang yang berjihad dan bersabar di antara kamu, dan agar Kami menyatakan (baik buruknya) hal ihwalmu.) Muhammad;31

( Sifat-sifat yang baik itu tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang sabar dan tidak dianugerahkan melainkan kepada orang-orang yang mempunyai keuntungan yang besar.) Fushshilat;35.

2. Orang yang sabar akan “ditemani” Allah.
( Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.) Al Baqoroh;153.

3. Orang yang sabar akan dimenangkan oleh Allah

( Hai Nabi, kobarkanlah semangat para mukmin untuk berperang. Jika ada dua puluh orang yang sabar diantaramu, niscaya mereka akan dapat mengalahkan dua ratus orang musuh. Dan jika ada seratus orang yang sabar diantaramu, niscaya mereka akan dapat mengalahkan seribu dari pada orang kafir, disebabkan orang-orang kafir itu kaum yang tidak mengerti.) Al Anfaal;65.

( Sekarang Allah telah meringankan kepadamu dan dia telah mengetahui bahwa padamu ada kelemahan. Maka jika ada diantaramu seratus orang yang sabar, niscaya mereka akan dapat mengalahkan dua ratus orang kafir; dan jika diantaramu ada seribu orang (yang sabar), niscaya mereka akan dapat mengalahkan dua ribu orang, dengan seizin Allah. Dan Allah beserta orang-orang yang sabar.) Al Anfaal;66.

( Sesungguhnya Aku memberi balasan kepada mereka di hari ini, karena kesabaran mereka; sesungguhnya mereka itulah orang-orang yang menang". ) Al Mu’minuun;111.

( Ya, jika kamu bersabar dan bersiap-siaga, dan mereka datang menyerang kamu dengan seketika itu juga, niscaya Allah menolong kamu dengan lima ribu Malaikat yang memakai tanda.) Al Imron;125.

4. Orang yang bersabar akan mendapatkan keberkahan sempurna dan kasih sayang dari Allah

( Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.(yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan:"Innaa lillahi wa innaa ilaihi raaji'uun". Mereka itulah yang mendapatkan keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Rabbnya, dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk. QS. 2:155-157

5. Orang yang bersabar akan mendapatkan pahala tanpa batas sebagaimana tingkat kesabarannya yang juga tak terbatas.

( Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala tanpa batas.) QS. 39:10.

6. Orang yang sabar akan mendapatkan surga.

( Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum nyata bagi Allah orang-orang yang berjihad diantaramu dan belum nyata orang-orang yang sabar). Al Imron;142.

(Dan Dia memberi balasan kepada mereka karena kesabaran mereka (dengan) surga dan (pakaian) sutera.) Al Insaan;12.

7. Sabar dalam menghadapi musibah dapat menggugurkan dosa-dosa

( Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda : tidaklah ada sesuatu yang menimpa seorang muslim ( baik sesuatu itu berupa ) kelelahan, penyakit, kegundahan, kesedihan, atau sesuatu yang menyakitkannya sampai duri yang menimpanya kecuali Allah menggugurkan sebagian dosa-dosanya karena mushibah tersebut.) HR. Bukhari dan Muslim

( Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda : tidaklah seorang muslim tertimpa sesuatu yang menyakitkannya kecuali Allah menggugurkan dosa-dosanya, sebagaimana gugurnya ( berjatuhannya ) daun-daun pepohonan.) HR. Bukhari dan Muslim.

Demikian postingan dengan judul Keutamaan Sabar dengan kategori Hikmah. Semoga bermanfaat dan dapat diambil hikmahnya. Amien. Oke, sampai ketemu di lain waktu. Insya Allah.
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: