Selamat Datang di Kios Madinah dan Selamat Membaca Varian Postingannya

# Keutamaan Shalat Dhuha


Sobat-Sobat Kios Madinah yang baik hati, kali ini admin pengen berbagi postingan dalam kategori ”Hikmah” dengan judul:

KEUTAMAAN SHALAT DHUHA 

Shalat Dhuha adalah shalat sunnah yang dilakukan di pagi hari dari mulai matahari setinggi tombak hingga matahari di atas ubun-ubun. Cara mengerjakannya sangat mudah karena tidak ada bedanya dengan shalat fardhu. Dan rakaat shalat ini bisa dilakukan sesuai dengan keinginan, antara 2 rakaat lalu salam, atau ditambah lagi 2 rakaat kemudian salam, atau apabila masih memungkinkan bisa dilakukan lagi sampai 12 rakaat yakni 6 salam. 

Shalat ini juga identik dengan shalat murah rezeki sebagaimana beberapa hikmahnya yang memang mengarah ke sana, di samping hikmah dan keutamaan lain yang akan didapat oleh orang yang mengamalkannya sebagaimana terjemahan hadits-hadits tentang shalat Dhuha di bawah ini.

Dan adapun keutamaan melakukan shalat Dhuha adalah sebagaimana berikut:

1. Menjalankan sunnah Rasulullah saw.

Dari Abu Hurairah ra., ia berkata: “ Nabi saw berpesan kepadaku supaya aku melakukan solat Dhuha 2 rakaat.” ( HR. Bukhari )

2. Meniru Nabi Muhammad saw.

Dari 'Aisyah Radliyallaahu 'anha, ia berkata: “ Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam masuk ke rumahku, kemudian beliau sholat Dluha 8 rakaat.” ( HR. Ibnu Hibban )

Dari 'Aisyah Radliyallaahu 'anha berkata: "Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam biasanya sholat Dluha 4 rakaat dan menambah seperti yang dikehendaki Allah." ( HR. Muslim )

3. Menggolongkan diri pada orang-orang yang bertaubat

Dari Zaid Ibnu Arqom Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: " Sholatnya orang-orang yang bertaubat itu ketika anak-anak unta merasa panas." ( HR. Tirmidzi )

4. Mengharapkan janji Allah

Rasulullah Shallaahu `alaihi wasallam bersabda di dalam hadits Qudsi, Allah SWT., berfirman: “ Wahai anak Adam, janganlah sekali-kali engkau malas melaksanakan 4 rakaat shalat Dhuha karena dengan shalat tertsebut Aku cukupkan kebutuhanmu pada waktu sore. “ ( HR. Hakim dan Thabrani )

Rasulullah saw. bersabda, Allah SWT., berfirman: “ Hai Anak Adam, tunaikanlah kewajibanmu untuk-Ku, yaitu shalat 4 rakaat pada pagi hari, niscaya aku akan mencukupimu sepanjang harimu.” ( HR. Ahmad dan Abu Ya’la )

Dari Anas Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Barangsiapa menunaikan sholat Dluha 12 rakaat niscaya Allah membangunkan sebuah istana untuknya di surga." ( HR. Tirmidzi )

5. Mensedekahi tiap-tiap persendian

Dari Abu Hurairah ra., Rasulullah saw., bersabda: “ Pada tiap-tiap persendian itu ada shadaqahnya. Tiap tasbih adalah shadaqah, tiap tahmid adalah shadaqah, tiap tahlil adalah shadaqah, tiap takbir adalah shadaqah, tiap amar ma’ruf nahi munkar adalah shadaqah. Dan cukuplah untuk menandingi itu semua dengan melakukan dua rakaat Shalat Dhuha.” ( HR. Muslim )

Demikian postingan dengan judul Keutamaan Shalat Dhuha ini, semoga kita bisa mengambil hikmahnya dan bermanfa’at untuk kita semuanya. Untuk do'a setelah shalat Dhuha dapat dilihat  atau di-download di sini. Oke, sampai jumpa lagi di waktu yang lain. Insya Allah. See you again.

SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: