Selamat Datang di Kios Madinah dan Selamat Membaca Varian Postingannya

# Jenis-Jenis Ibadah di Hari Jum'at dan Keutamaannya


Sobat-Sobat Kios Madinah yang baik hati, kali ini admin pengen berbagi postingan dengan kategori ” Hikmah ” dengan judul:

JENIS-JENIS IBADAH DI HARI JUM’AT DAN KEUTAMAANNYA

Berikut ini adalah jenis-jenis ibadah yang semestinya dilakukan di hari Jum'at mengingat hikmah dan keutamaannya atau demi untuk memuliakan hari Jum'at itu sendiri karena merupakan induknya hari sehingga dikenal dengan sebutan sayyidul ayyam.

Hikmah 1. Mandi seperti mandi junub

Dari Ibnu Umar ra., bahwa Rasulullah saw. bersabda: “Apabila salah seorang di antara kalian datang shalat Jum’at maka hendaklah ia mandi. ( HR. Bukhari-Muslim )

'Aisyah ra., berkata: “Rasulullah saw., biasanya mandi karena 4 hal: jinabat (junub), hari Jum'at, berbekam serta memandikan mayit. ( HR. Abu Dawud, dinyatakan shahih oleh Ibnu Khuzaimah.)

Hikmah 2. Bersegera berangkat ke masjid

Dari Abu Hurairah ra. Bahwasa Rasulullah saw. bersabda: “Barang siapa mandi pada hari Jum’at seperti mandi junub, kemudian berangkat di saat*) pertama, maka seolah-olah ia berkurban onta. Barangsiapa berangkat di saat kedua, maka seolah-olah berkurban seekor sapi. Barangsiapa berangkat pada saat ketiga, maka seolah-olah berkurban seekor kibas bertanduk. Berangsiapa berangkat di saat keempat, maka seolah-olah berkurban seekor ayam. Kemudian barangsiapa berangkat pada saat kelima, maka seolah-olah berkurban sebutir telur. Lalu apabila imam keluar (untuk berkhutbah) para malaikat pun hadir mendengarkan dzikir”. (HR. Bukhari-Muslim)

*) Maksudnya: saat antara subuh hari jum’at s/d pelaksanaan shalat jum’at. Saat pertama berarti 1/6 pertama saat itu.

Hikmah 3. Shalat dan do’a di waktu rahasia

Dari Abu Hurairah ra., bahwa ketika Rasulullah saw., membicarakan hari Jum’at, beliau bersabda: “Pada hari itu ada suatu saat, apabila ada seorang muslim sedang shalat bertepatan dengan saat itu kemudian ia memohon kepada Allah, niscaya Allah mengabulkan permohonannya.” Beliau berisyarat dengan tangan beliau bahwa saat itu sangat sebentar.” (HR. Bukhari-Muslim)

Hikmah 4. Melaksanakan Shalat Jum’at

Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum'at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli*) Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui. ( Al Jumu’ah, 9 )

*) Maksudnya: apabila imam telah naik mimbar, sementara muadzdzin telah adzan di hari Jum’at, maka kaum muslimin wajib bersegera memenuhi panggilan muadzdzin itu dan meninggalakan semua pekerjaannya.

Abdullah Ibnu Umar dan Abu ra., berkata bahwa mereka berdua mendengar Rasulullah saw., bersabda di atas kayu mimbarnya: "Hendaknya orang-orang itu benar-benar berhenti meninggalkan shalat Jum'at, atau Allah akan menutup hati mereka, kemudian mereka benar-benar termasuk orang-orang yang lupa." ( HR. Muslim )

Hikmah 5. Mendengarkan khutbah

Rasululllah saw., bersabda: “Barang siapa di hari jum’at berkata kepada temannya “diamlah”, sedangkan imam sedang berkhutbah, maka sungguh ia telah lalai. Barangsiapa lalai, maka ia tidak mendapatkan pahala Shalat Jum’at. ( Lubabul Hadits, bab 10)

6.Tidak mengkhususkan ibadah

Dari Abu Hurairah ra., bahwa Nabi saw., bersabda: "Janganlah mengkhususkan malam Jum'at untuk bangun beribadah dibanding malam-malam lainnya dan janganlah mengkhususkan hari Jum'at untuk berpuasa dibanding hari-hari lainnya, kecuali jika seseorang di antara kamu sudah terbiasa berpuasa." ( HR. Muslim )

Dari Abu Hurairah ra., bahwa Rasulullah ra., bersabda: "Janganlah sekali-kali seseorang di antara kamu berpuasa pada hari Jum'at, kecuali ia berpuasa sehari sebelumnya atau sehari sesudahnya." ( HR. Bukhari-Muslim ).

Demikian postingan ini, semoga bermanfa’at untuk admin khususnya juga buat sobat2 KM semuanya. Oke, terima kasih sudah membaca postingan dengan judul: Jenis-Jenis Ibada di Hari Jum'at beserta Hikmah/Keutamaannya pada Label: Hikmah, sampai jumpa lagi di waktu lain. See you next moment. Insya Allah


SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: