Selamat Datang di Kios Madinah dan Selamat Membaca Varian Postingannya

# Hikmah dan Keutamaan Wudhu'


Sobat-Sobat Kios Madinah yang baik hati, kali ini admin pengen berbagi postingan dengan kategori ” Hikmah ” dengan judul:

HIKMAH DAN KEUTAMAAN WUDHU’ .

Wudhu’ yang merupakan sarana awal untuk kita sah melaksanakan shalat atau ibadah lain seperti thawaf dan memegang mushaf Alqur’an ternyata mempunyai hikmah dan keutamaan yang jarang kita sadari. Barangkali hal ini termasuk sebagian dari penyebab kita malas berwudhu’ ( ma’af bagi yang tidak malas ). Padahal hikmah yang terkandung di dalam ritual wudhu’ itu sangat banyak dan penting untuk selalu kita ingat sewaktu berwudhu’ agar tertanam kesadaran dan pengharapan akan hikmah dan keutamaannya baik zhahir maupun bathin.

Di sini ada beberapa hikmah keutamaan wudhu’ berdasarkan ayat qur’ani dan hadits nabi yang rupanya paling memotivasi kita untuk lebih semangat berwudhu’. Oke, di antara hikmah dan keutaman wudhu’ adalah sebagaimana berikut ini: 
1. Untuk Membersihkan diri
Hal ini sesuai dengan firman Allah yang terjemahannya adalah:
“ Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan kedua tanganmu sampai dengan kedua siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur. ( Al-Maidah, 6 )
2. Untuk Mendapatkan Cahaya di Akhirat
Abu Hurairah ra., berkata: Aku mendengar Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Sesungguhnya umatku akan datang pada hari kiamat dalam keadaan wajah dan tangan yang berkilauan dari bekas wudhu’. Maka barang siapa di antara kamu yang dapat memperpanjang kilauannya hendaklah ia mengerjakannya. ( HR. Muslim )
3. Untuk Mendapat Kemudahan Masuk Surga
Umar ra., berkata: Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Tiada seorang pun di antara kamu yang berwudhu’ dengan sempurna, kemudian berdo'a: Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah Yang Esa tiada sekutu bagi-Nya dan aku bersaksi bahwa Muhammad itu hamba-Nya dan utusan-Nya, kecuali telah dibukakan baginya pintu surga yang delapan, ia dapat masuk melalui pintu manapun yang ia kehendaki." ( HR. Muslim dan Tirmidzi dengan tambahan (doa)): "Ya Allah jadikanlah aku termasuk orang-orang yang bertaubat dan jadikanlah aku pula termasuk orang-orang yang selalu mensucikan diri."
4. Untuk Melepaskan Simpul Syaitan
Dari Abu Hurairah ra., Rasulullah saw bersabda: “Di waktu seseorang sedang tidur, syaitan membuat tiga buah simpul di kepalanya. Untuk setiap simpul ia (syaitan) mengatakan, ‘Tidurlah engkau sepanjang malam’. Ketika terbangun, lalu dia (orang yang tidur) menyebut nama Allah, maka lepaslah satu simpul. Jika berwudhu’, lepas pulalah satu simpul. Dan jika dia solat terbukalah seluruh simpul.”
( HR. Bukhari )
5. Untuk Menghapus Sebagian dari Dosa
Dari Abu Hurairah ra.,: Rasulullah saw bersabda: “Barangsiapa berwudhu’ lalu memperbaiki wudhunya, kemudian mendatangi shalat Jum’at, lalu berdekatan dengan imam dan diam serta mendengarkan khutbah, maka Allah mengampuni dosa-dosanya antara Jumaat tersebut dan Jum’at lainnya dan ditambahkan tiga hari. Barangsiapa bermain-main dengan batu kerikil, maka dia telah sia-sia.” ( HR. Ibnu Majah )
Dari Abu Hurairah ra.,: Rasulullah saw bersabda, “Siapa yang berwudhu’ dan menyempurnakan wudhunya, sesudah itu dia pergi ke (masjid untuk solat) Jum’at dan mendengarkan khutbah dengan tenang, maka diampuni Allah dosa-dosanya hingga Jum’at yang akan datang, tambah tiga hari (lagi). ( HR. Muslim )
Dari Umar bin Khathab r.,a: Nabi saw bersabda, “Barangsiapa berwudhu’ kemudian memperbaiki wudhu’nya lalu berdoa, “Aku bersaksi bahawa tiada Dzat yang berhak disembah selain Allah dan aku bersaksi bahawa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya” maka akan dibukakan baginya delapan pintu syurga, dan dia masuk dari pintu mana saja yang dia kehendaki.” ( HR. Nasa’i )
Demikian postingan dengan judul Hikmah dan Keutamaan Wudhu' ini, semoga kita dapat mengambil hikmahnya dan bermanfa’at untuk admin khususnya dan sobat2 KM umumnya. Oke, sampai jumpa lagi di waktu yang lain. See you next moment.
SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: