Selamat Datang di Kios Madinah dan Selamat Membaca Varian Postingannya

5 Hikmah Pernikahan


Sobat-Sobat Kios Madinah yang baik hati, kali ini admin pengen berbagi postingan dengan kategori ”Hikmah” dengan judul:

5 HIKMAH PERNIKAHAN

Hikmah pernikahan sangatlah banyak sekali baik yang tampak atau pun yang tidak tampak. Hal ini dapat dirasakan oleh pasangan suami istri sekalipun masih baru, lebih-lebih pasangan lama. Selain hikmah, rupanya pernikahan juga dapat memberi kesan  berarti bagi setiap pasangan suami istri (pasutri) sehingga tidak jarang kita temukan pasutri yang merayakan hari jadi pernikahannya.

Namun sebaliknya, melepaskan ikatan pernikahan baik karena perceraian atau karena kematian sungguh merupakan tragedi memilukan. Maka tragedi itu sebisa mungkin dilupakan dengan berbagai cara serta alasan sembari berharap dapat pengganti baru (pasangan baru). Dengan ini maka jelaslah bahwa pernikahan itu sangat berarti di dalam diri dan kehidupan kita karena banyak sekali hikmah / keutamaan terkandung di dalamnya.

Sedangkan di sini, admin tuliskan 5 hikmah saja, dirangkum dari ayat-ayat qur’ani maupun hadits nabawi sebagaimana akan terpapar di bawah nanti. Oke, berikut ini di antara hikmah pernikahan sebagaimana dimaksud;

1. Untuk mendapatkan karunia Allah

2. Untuk mendapatkan ketentraman

3. Untuk dapat menundukkan pandangan

4. Untuk dapat mengendalikan syahwat

5. Untuk membanggakan Nabi SAW. dengan banyak keturunan

Oke, berikut ini pemaparan ayat dan hadits tentang hikmah / keutamaan pernikahan;

Hikmah · > 1

Dan kawinkanlah orang-orang yang sedirian diantara kamu, orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu baik laki-laki maupun hamba-hamba sahaya perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui. ( An Nuur, 32)

Hikmah · > 2

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir. ( Ar-Ruum, 21 )

Hikmah · > 3

Dari Anas Ibnu Malik Radliyallaahu 'anhu bahwa Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam setelah memuji Allah dan menyanjung-Nya bersabda: "Tetapi aku sholat, tidur, berpuasa, berbuka, dan mengawini perempuan. Barangsiapa membenci sunnahku, ia tidak termasuk ummatku." (HR. Muttafaq Alaihi)

Hikmah · > 4

Dari Abu Hurairah Radliyallaahu 'anhu bahwa Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Perempuan itu lazim dinikahi karena empat hal, yaitu: harta, keturunan, kecantikan, dan agamanya. Dapatkanlah wanita yang taat beragama, engkau akan berbahagia." (HR. Muttafaq Alaihi & Imam Lima)

Hikmah · > 5

Anas Ibnu Malik Radliyallaahu 'anhu berkata: "Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam memerintahkan kami berkeluarga dan sangat melarang kami membujang. Beliau bersabda: "Nikahilah perempuan subur serta penyayang, sebab dengan jumlahmu yang banyak aku akan berbangga di hadapan para Nabi pada hari kiamat." (HR. Ahmad ). Ini hadits shahih menurut Ibnu Hibban.

Abdullah Ibnu Mas'ud Radliyallaahu 'anhu berkata: Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda pada kami: "Wahai generasi muda, barangsiapa di antara kamu telah mampu berkeluarga hendaknya ia kawin, karena ia dapat menundukkan pandangan juga dapat memelihara kemaluan. Barangsiapa belum mampu hendaknya berpuasa, sebab ia dapat mengendalikanmu." ( HR. Muttafaq Alaihi )

Demikian postingan dengan judul 5 hikmah pernikahan, semoga bermanfa’at. Terima Kasih telah membaca postingan kategori: Hikmah. Oke, sampai jumpa lagi di waktu lain. See you next moment.

SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: