Selamat Datang di Kios Madinah dan Selamat Membaca Varian Postingannya

# Keutamaan Hari `Asyuro'

Sobat-Sobat Kios Madinah yang baik hati, kali ini admin pengen berbagi postingan dengan kategori ”Hikmah” dengan judul:
                   
KEUTAMAAN HARI 'ASYURO'

Hari `Asyuro’ yakni hari tanggal 10 Muharram dari tahun Hijriyah merupakan hari yang sangat berarti bagi ummat Islam. Hari ini mempunyai nilai historis dan keutamaan yang banyak. Di antara sebagian nilai historis dan keutamaannya ‘terekam’ pada riwayat berikut ini;

سُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَاشُورَاءَ فَقَالَ يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ

Rasulullah ditanya tentang puasa asyura, beliau menjawab, “dapat menghapus dosa setahun sebelumnya.” (HR. Muslim)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ

“Puasa paling utama setelah Ramadhan adalah (puasa bulan) Muharram dan shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat malam” (HR. Muslim)
Dari Abi Huroiroh ra., ra., berkata; Rasulullah saw., bersabda: "Sesungguhnya Allah `Azza Wajalla telah mewajibkan atas Bani Isroil puasa sehari, yaitu hari 'Asyuro' yakni hari kesepuluh dari bulan Muharram. Maka berpuasalah kalian di hari itu dan berbagi rejekilah atas keluarga kalian di hari itu. Sesungguhnya orang yang berbagi rejeki atas keluarga dan istrinya di hari itu maka Allah akan melapangkan rejekinya sepanjang tahun. Maka berpuasalah.

Sesungguhnya hari itu adalah hari dimana Allah menerima taubat Nabi Adam as., sehingga beliau menjadi suci dari dosa. Pada hari itu juga Nabi Idris diangkat ke derajat yang tinggi dan Nabi Nuh as., dikeluarkan dari kapal dan Nabi Ibrahim as., diselamatkan dari api. Dan pada hari itu Allah menurunkan Taurat atas Nabi Musa as., dan Nabi Yusuf dikeluarkan dari penjara dan Nabi Ya'qub as., dipulihkan penglihatannya dan dilenyapkan kesusahannya dan Nabi Yunus as., dikeluarkan dari perut ikan hut, dan pada hari itu laut terbelah untuk Bani Isroil, dan dosa Nabi Daud as., diampuni. Dan pada hari itu Allah mengaruniakan kerajaan untuk Nabi Sulaiman as., dan Nabi muhammad saw., diampuni dari dosa yang lalu dan akan datang. Dan pada hari itu adalah awal hari penciptaan dunia dan awal hari turunnya hujan dari langit dan awal hari turunnya rahmat ke muka bumi.
  
Maka barang siapa berpuasa pada hari 'Asyuro' maka ia seolah-olah bepuasa satu tahun. Dan itu merupakan puasa para nabi. Dan barang siapa beribadah pada malam 'Asyuro' maka ia seolah-olah beribadah seperti ibadahnya penduduk tujuh langit.

Dan barang siapa shalat pada hari itu empat rakaat dimana ia membaca Al Fatihah 1 kali dan Al Ikhlas 51 kali pada setiap rakaatnya maka Allah ampuni dosa-dosanya 50 tahun. Dan barang siapa memberi minuman air minum pada hari itu maka Allah akan memberi minum ia pada hari kehausan besar dengan segelas minuman yang tidak menyebabkannya haus lagi selamanya dan ia seperti orang yang tak pernah berdosa sama sekali kepada Allah. Dan barang siapa bersedekah pada hari itu dengan suatu sedekah maka seolah-olah ia tak pernah menjadi peminta.

Dan barang siapa mandi dan bersesuci pada hari 'asyuro' maka ia tak akan sakit berat kecuali sakitnya kematian. Dan barang siapa di hari itu mengelus kepalanya anak yatim atau membuat kebaikan terhadapnya maka seolah-olah ia telah berbuat baik terhadap seluruh anak yatim dari anak cucu Nabi Adam as. Dan barang siapa menjenguk orang sakit pada hari 'Asyuro' maka ia seolah-olah menjenguk semua orang sakit dari keturunan Nabi Adam as.

Dan hari itu adalah hari yang mana Allah menjadikan 'Arasy, Lauh Mahfuzh, dan Qalam. Dan hari itu merupakan hari yang mana Allah menciptakan Malaikat Jibril dan mengangkat Nabi 'Isa as. Dan itulah hari dimana kiamat akan terjadi. [I'anatut Tholibin II, 267].

Demikian postingan ini, semoga kita dapat mengambil hikmahnya dan bermanfa’at untuk kita semuanya. Amien. Oke, sampai jumpa lagi di waktu yang lain. Insya Allah.

Baca juga:
https://kiosmadinah.blogspot.com/2019/09/keutamaa-hari-tasua-tanggal-9-muharram-hijriyah.html

SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: