Selamat Datang di Kios Madinah dan Selamat Membaca Varian Postingannya

# Keutamaan Bersedekah dan Berinfak


Sobat-Sobat Kios Madinah yang baik hati, kali ini admin pengen berbagi postingan kategori ”Hikmah” dengan judul:

KEUTAMAAN BERSEDEKAH DAN BERINFAK


Sebenarnya hikmah & keutamaan bersedekah dan berinfak di jalan Allah semata-mata karena Allah, sangatlah banyak sekali, baik yang sudah atau akan dirasakan di dunia ataupun diberikan kelak di akhirat. Namun di sini admin sekedar tuliskan 7 keutamaan saja yang admin anggap paling memotivasi kita untuk bersedekah dan ber-infaq fi-sabilillah. Oke, ini dia 7 keutamaan dimaksud;

1. Allah akan melipat gandakan pahala dan balasan bagi orang yang bersedekah

Perumpamaan orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah seperti sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui. (QS. Al-Baqarah 261)

2. Allah akan menghapus dosa orang yang bersedekah

Jika kamu menampakkan sedekahmu, maka itu adalah baik. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapus darimu sebagian kesalahan-kesalahanmu. Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS. Al-Baqarah 271) 

3. Allah akan memasukkan orang yang bersedekah ke dalam surga-Nya

Di antara orang-orang Arab Baduwi itu ada yang beriman kepada Allah dan hari kemudian, dan memandang apa yang diinfakkan (di jalan Allah) itu, sebagai jalan untuk mendekatkan dirinya kepada Allah dan sebagai jalan untuk memperoleh doa Rasul. Ketahuilah, sesungguhnya nafkah itu adalah suatu jalan bagi mereka untuk mendekatkan diri (kepada Allah). Kelak Allah akan memasukan mereka kedalam Rahmat (surga)Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. At-Taubah 99) 

4. Orang yang suka bersedekah boleh di-iri-in

Dari Ibnu Mas'ud ra; dari Nabi saw; beliau bersabda: “Tidak boleh hasud (iri hati) kecuali dalam 2 hal yaitu kepda orang yang diberi kekayaan oleh Allah dan dipergunakan untuk hal-hal yang benar dan kepada orang yang diberi ilmu oleh Allah lalu diamalkan dan diajarkan kepada orang lain. (HR. Bukhari-Muslim)

5. Orang yang suka bersedekah akan dijauhkan dari neraka

Dari Ady bin bin Hatim ra; ia berkata: Rasulullah saw; bersabda: "Takutlah kalian kepada neraka walaupun hanya dengan bersedekah separuh kurma. (HR. Bukhari-Muslim) 

6. Orang yang suka bersedekah akan dapat berkah do'a malaikat pagi

Dari Abu Hurairah ra; ia berkata: Rasulullah saw. bersabda: "Tidak ada satu pagi pun dari seorang hamba kecuali didatangi 2 malaikat. Yang satu berdo'a: "Ya Allah, gantilah harta orang yang berinfak." Dan yang lain berdo'a: “Ya Allah lenyapkanlah harta orang yang kikir." 

7. Orang yang suka bersedekah termasuk orang yang melakukan perbuatan terbaik

Dari Abdullah bin 'Amr bin 'Ash ra; ia berkata bahwa seseorang bertanya kepada Rasulullah saw.: "Perbuatan apa yang terbaik dalam Islam?" Beliau menjawab: "Memberi makan kepada yang lapar dan memberi salam kepada yang kamu kenal dan belum kamu kenal." (HR. Bukhari-Muslim)

Demikan postingan kali ini dengan judul Keutamaan Bersedekah dan Beinfak beserta hikmah yang terkandung di dalamnya, semoga bermanfa’at untuk admin dan Sobat KM semuanya. Amin. Oke, sampai ketemu di lain waktu. Insya Allahu Ta’ala. 


SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: