Selamat Datang di Kios Madinah dan Selamat Membaca Varian Postingannya

>> Cara Scan Foto Via Photoshop CS4


Sobat-sobat Kios Madinah yang baik, pada kesempatan baik ini, admin kembali share sebuah postingan pada label “ Berbagi Cara ” Sub Kategori "Cara Scan" dengan judul:

CARA SCAN FOTO VIA PHOTOSHOP CS4
( Menggunakan Printer Canon MP237 )


Men-scan (nyeken) foto lazim diperlukan untuk menggandakan foto berbentuk fisik untuk dicetak ulang atau diubah ke bentuk file tertentu, atau didokumentasikan ke bentuk virtual sehingga dapat dilihat di HP atau laptop, atau mungkin untuk keperluan lain.

Alasan nyeken foto sangat beragam, diantaranya karena foto itu merupakan kenangan dari atau dengan seseorang yang sudah tiada, atau karena orang tersebut tidak mungkin lagi  diambil fotonya karena jauhnya jarak, atau karena Sobat ingin mengabadikan foto moment masa lalu itu ke bentuk file saja agar mudah dibuka di gadget digital, dll.

Oke, foto hasil scan itu dapat dicetak ulang sesuai ukuran aslinya atau ukuran lainnya, bergantung selera, namun tidak terlepas dari kualitas foto tersebut. Selain itu foto hasil scan juga dapat disimpan sebagai file di computer, laptop, handphone maupun gadget lainnya sehingga bisa dibuka sewaktu-waktu ingin dilihat. Dapat dipergunakan juga sebagai lampiran email, diunggah pada media sosial, di-upload pada situs tertentu, dll.

Oleh karena scan foto semacam ini dianggap perlu maka di bawah ini akan dipaparkan bagaimana cara men-scan foto via Photoshop CS4 menggunakan printer mp237 atau sejenis, sebagaimana cara berikut:

1. Nyalakan printer dengan mencolokkakan ke listrik lalu menekan tombol "POWER"
2. Koneksikan printer ke Computer/Laptop
3. Buka tutup tengah pada printer
4. Masukkan foto yang akan di-scan dengan posisi terbalik ( hadapkan foto itu ke bawah )
5. Tutuplah cover printer

Ini disarankan untuk mendapatkan hasil bagus atau optimal. Karena kalau tidak, maka hasil scan akan gelap.

6. Buka Photoshop CS4 dengan cara meng-klik icon PS CS4 pada layar computer / laptop
7. Klik ‘File’
8. Pilih ‘Import’
9. Pilih ‘Canon MP230 Series’

Setelah tampil jendela munculan di layar laptop/computer, lanjutkan lagi ke:

10. Klik ‘Preview’ (Opsional)

Hal ini untuk memberi tinjauan/gambaran bagaimana hasil scan foto itu nantinya. Sobat boleh pilih me-review terlebih dahulu atau melewatinya. Jika Sobat memilihnya, maka akan tampak seperti foto hitam putih, karena pilihan Source-nya tadi untuk ‘Document (Grayscale)’. Agar foto itu berwarna sebagaimana aslinya (berwarna), maka pilihlah Source ‘Photo’ (Color) .

 
11. Klik button ‘Scan’

Tunggu proses scanning berjalan sehingga selesai sementara menunggu jendela munculan tadi menghilang, berganti foto hasil scan foto tadi.

12. Cut (Potong) bagian foto sesuai keperluan

Tandai batas foto itu menggunakan Rectangular Marquee Tool (M) kemudian drag mouse sebagaimana ditampakkan oleh garis putus-putus, lalu pilih tab ‘Edit’ kemudian lagi pilih ‘Cut’ (Ctrl+X). Ini dimaksudkan untuk mengambil bagian foto yang diperlukan saja sekaligus membuang bagian
sisa lainnya.

13. Buka Layer Baru

Hal ini bisa dilakukan dengan cara meng-klik tab ‘File’, lalu pilih ‘New’ (Ctrl+N). Sobat juga bisa mengubah resolusi foto atau tidak. Setelah itu, klik tab ‘Edit’ lalu pilih ‘Paste’ (Ctrl+V). Maka bagian foto yang diambil akan tampak pada layer baru itu.

14. Simpan Gambar

Untuk menyimpan gambar foto itu, pilih ‘File’, pilih ‘Save As’, ketikkan namanya, pilih juga formatnya, terus tentukan folder penyimpanannya. Setelah itu klik ‘Save’.

15. Selamat berkarya

Maka sekarang hasil scan foto itu sudah tersimpan di laptop/computer, tepatnya pada folder penyimpanan foto sebagaiman telah dipilih. Selanjutnya, sobat dapat mempergunakan foto itu sebagaimana digambarkan di atas atau mungkin keperluan lain.

Itulah sharing dari admin dengan judul: Cara Scan Foto Via Photoshop CS4 menggunakan printer Canon MP237 dalam kategori: Berbagi Cara, Sub Kategori: "Cara Scan" utk Sobat-sobat KM semuanya. Oke, Semoga postingan ini dapat membantu memperlancar usaha kita, utamanya yg bergelut di bidang cetak foto. Terima kasih, sampai ketemu di lain waktu. Insya Allah.


Lihat Juga:

VIDEO CARA SCAN FOTO DARI PRINTER KE PHOTOSHOP 
#cara_scan #cara_scan_foto #berbagi_cara #cara_berbagi #cara_nyeken #cara_men_scan #bagaimana_caranya

SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: