Selamat Datang di Kios Madinah dan Selamat Membaca Varian Postingannya

# Hikmah Berpuasa


Sobat-sobat Kios Madinah yang baik hati, pada kesempatan yang berberkah dan masih dalam suasana Ramadhan ini admin kembali berbagi postingan dengan judul:

HIKMAH BERPUASA

Hikmah berpuasa tentu banyak sekali terutama untuk kesehatan dan kebugaran tubuh kita. Hal ini sudah lazim kita ketahui dari beberapa penelitian para peneliti manfaat puasa maupun dari hadits populer Nabi Muhammad saw. tentang puasa, yakni: “Shuumuu tashihhuu”. Oleh karena itu disini admin tuliskan hikmah berpuasa dari sisi yang lain, di antaranya yaitu:

1. Untuk mencapai derajat orang-orang yang bertakwa

Sebagaimana firman Allah SWT., yang artinya: “ Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (Q.S. Al-Baqoroh; 183)

2. Untuk sarana mendapatkan ampunan Allah

Sebagaimana firman Allah SWT., yang artinya: “ Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuan yang khusyu', laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.” (Q.S. Al-Ahzaab; 35)
Dan sebagaimana hadits Nabi Muhammad saw., yang artinya: “Dari Abu Huroiroh ra., dari Nabi saw., beliau bersabda: "Barang siapa berpuasa pada bulan Ramadhan karena keimanan dan pengharapan terhadap balasan dari Allah, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang dulu." (HR. Bukhari & Muslim)

3. Untuk kita dijauhkan dari siksa neraka

Sebagaimana hadits Rasulullah saw., yang artinya: “ Dari Abu Sa'id Al-Kkhudri ra., ia berkata: Rasulullah saw bersabda: "Tak seorangpun yang berpuasa karena Allah dalam satu hari puasa melainkan Allah akan menjauhkan dirinya dari neraka sejauh perjalanan 70 tahun sebab puasanya yang 1 hari itu." (HR. Bukhari & Muslim)

4. Untuk kita masuk sorga dari pintu khusus

Sebagaimana sabda Nabi Muhammad saw., yang artinya: “Dari Sahal bin Sa'ad ra. dari Nabi Muhammad saw., beliau bersabda: "Sesungguhnya di dalam sorga ada pintu yang bernama Ar-Royyan (pintu kesegeran), dimanana nanti pada hari kiamat orang-orang yang berpuasa akan masuk lewat pintu itu. Tak seorangpun yang dapat masuk lewat pintu itu selain mereka. Penjaga pintu itu berkata: "Mana orang-orang yang berpuasa?" maka orang-orang yang berpuasa segera memasukinya. Dan apabila mereka sudah masuk semua maka ditutuplah pintu itu sehingga tidak ada lagi orang yang lewat pintu itu selain mereka yang ahli berpuasa." (HR. Bukhari & Muslim) 

5. Untuk mendapatkan pahala khusus

Dari Abu Hurairah ra., ia berkata: “Rasulullah saw., bersabda: “ Allah Azza Wajalla berfirman: “ Setiap amal anak Adam itu membawa manfaat bagi dirinya sendiri kecuali puasa adalah untuk-Ku dan Aku sendiri yang akan membalasnya. Puasa itu adalah perisai. Apabila ada hari puasa salah seorang di antara kalian, maka janganlah ia berkata kotor dan gaduh. Jika seseorang memakinya atau memusuhinya, hendaklah ia mengatakan: “Sesungguhnya aku sedang berpuasa.” Demi Dzat yang jiwa Muhammad berada dalam genggaman-Nya, bau mulut orang yang sedang berpuasa bagi Allah lebih harum daripada minyak kasturi. Orang yang berpuasa mengalami 2 kegembiraan; ketika berbuka puasa dan ketika bertemu dengan Tuhannya karena pahala puasa.” ( HR. Bukhari – Muslim )

Itulah postingan dengan judul “Hikmah Berpuasa” dengan kategori “Hikmah”. Kemudian untuk membaca postingan dengan judul: Aneka Keutamaan di Bulan Ramadhan silahkan klik disini. Oke, Semoga bermanfaat dan sampai jumpa pada postingan berikutnya. Insya Allah.


SHARE
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar: